Suryadi Harja MPD : Pramuka Berperan Strategis Melatih Jiwa Kepemimpinan

Suryadi Harja MPD : Pramuka Berperan Strategis Melatih Jiwa Kepemimpinan

Indonews, Bogor –  Kegiatan Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan sebuah kegiatan organisasi pendidikan non formal yang memiliki konsep yang baik dan tersusun rapi. Selain itu, pramuka juga memberikan manfaat yang besar kepada anak baik secara langsung ataupun tidak langsung, dan dapat melatih kemandirian anak sejak duduk di bangku sekolah dasar, demikian disampaikan Kepala Sekolah SDN Ciranjang Kel. Pamoyanan Kec. Bogor Selatan Kota Bogor, Suryadi Harja MPD. “Kemandirian siswa SD dapat dilatih setiap kali mengikuti latihan, misalnya mempersiapkan segala kebutuhan untuk latihan sendiri,” ujar Suryadi di Ruang kerjanya  saat Indonews berkunjung ke sekokah tersebut, Sabtu (03/10/2018) 

Suryadi mengatakan, Kegiatan Pramuka tidak hanya mempelajari baris-berbaris dan kegiatan lainnya, Pramuka juga menjadi elemen penting dalam upaya menciptakan generasi siap terampil dalam artian memiliki jiwa kepemimpinan yang sudah terlatih dengan baik. “Karena kegiatan yang dilakukan Pramuka itu berhubungan langsung dengan masyarakat dan merupakan salah satu contoh dari pendidikan dibidang sosial,” ujar Suryadi.

Menurut Suryadi, salah satu kegiatan Pramuka, yaitu berkemah, menjadi ajang untuk melatih para Pramuka Siaga dan Penggalang agar tidak hanya bersikap mandiri, namun juga berani, disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Melatih keberanian, lanjut Suryadi.

Gerakan pramuka seseorang dibina untuk bisa menjadi terampil sekaligus ahli bukan hanya dalam hal yang berkaitan dengan teori saja tapi langsung pada penerapan atau aplikasinya di lapangan. Banyak tokoh besar yang lahir karena sebelumnya berkecimpung di dalam gerakan pramuka sejak dini.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjadi seorang pemimpin itu harus tangguh dan harus banyak teorinya. Pramuka sangat baik untuk mencetak generasi muda yang mampu berdikari karena diajarkan bagaimana bersikap mandiri sejak duduk di bangku sekolah. “Peranan pramuka itu sangat penting dan dirasakan langsung bagaimana dampaknya dalam membangun semangat, mental, jiwa karsa dan gotong royong dalam satu kelompok sehingga belajar dari kelompok yang kecil sehingga bisa menyumbangkan peran yang lebih besar bagi masyarakat.” Pungkasnya (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook