SD Negeri 1 Kopo Gelar Lomba Tata Upacara Bendera

SD Negeri 1 Kopo Gelar Lomba Tata Upacara Bendera

Indonews Bogor. Dalam rangka memperingati Hari pahlawan SD Negeri Kopo 1 kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Mengadakan Lomba Tata Upacara Bendera ( LTUB ) Yang bertempat di halaman sekolah, Senin 19/11/2018.

Diikuti oleh Peserta Anak didik dari kelas 4, 5, & 6
Terdapat 3 Dewan juri yakni : Bapak jaya wijaya,Sebagai PNF (penilik non formal dan sebagai seni dan Budaya di kecamatan mega mendung), Summar wiwik suwarsih Se (Guru SMA Negeri 1 cisarua), Ari agustian ( purn. Paskibra kec cisarua).

Sebagai juara Pertama jatuh kpada kelas 4, Kedua Jatuh kepada Kelas 6, dan Juara ketiga Kelas 5.

Kepala sekolah SD Negeri Kopo 1, Ibu Dewi kaniawati S.Pd.MM, ia menerangkan, “Acara dan kegiatan yg di laksanakan dalam upacara bendera sebagaimana petunjuk pelaksana ini di titik beratkan kepada hal Disiplin, Hikmat serta dituntut konsentrasi pada setiap Gerak, Teknik, Komando, termasuk harmonisasi Masing masing komponen pelaksana upacara, Hal ini juga merupakan upaya pembentukan tanggung jawab perorangan dan kelompok dalam upacara Bendera dilingkungan sekolah.

Sambungnya, Tujuan yg tak kalah pentingnya yaitu untuk menjadikan sekolah agar memiliki kondisi dinamis dalam segala aspek kehidupan bagi seluruh warga sekolah, mulaidari siswa, guru, pembina sekolah & kepala sekolah ,sehingga sekolah memiliki daya kemampuan dan ketangguhan terhadap gangguan dan pengaruh negatif yg datang dari dalam atau luar sekolah,”terangnya.

Dengan demikian upacara bendera merupakan hakekat dan wujud pencerminan nilai nilai kebesaran sang Merah Putih sebagai Bendera Nasional yg harus di upacarakan secara hikmat dalam rangka membakar semangat untuk selalu mempertahankan kemerdekaan yg diperoleh melalui perjuangan sehingga menjadi Bangsa yg tetap Merdeka Bebas dari penjajahan , Berdaulat & di segani Bangsa lain,”bebernya.

Sementara itu, Bapak Jaya Wijaya, ” Upacara bendera di sekolah adalah kegiatan pengibaran/penurunan bendera kebangsaan ,pada hakikatnya upacara adalah penjelmaan dari nilai Budaya yang merupakan salah satu pancaran kebesaran peradaban Bangsa Indonesia secara keseluruhan yg mewujudkan diri khas yg membedakan dengan bangsa bangsa lain serta merupakan suatu pencerminan dari pertumbuhan & perkembangan Bangsa lain.

Sama halnya yang diungkapkan, Summar Wiwik Suwarsih S.E. “upacara bendera disekolah untuk mengusahakan dan menetapkan pencapaian tujuan pendidikan Nasional, karena sekolah sebagai ” wiyata Mandala” mengupayakan adanya konsistensi Dunia pendidikan dalam membentuk dan melestarikan kesadaran wawasan wiyata mandala sejak dini kpada siswa.

Bahwa diri siswa sebagai individu adalah bagian dari warga Negara Indonesia yg ber Bhineka Tunggal Ika yg senantiasa disatukan dalam Bendera ” Merah Putih “pungkasnya.(Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook