Warga Plered Protes Buang Sampah sembarangan, Akhirnya Sampah Numpuk Dan Menimbulkan Bau

Warga Plered Protes Buang Sampah sembarangan, Akhirnya Sampah Numpuk Dan Menimbulkan Bau

Indonews Depok. Menumpuknya sampah yang sudah mengakibatkan pencemaran lingkungan sekitar, Pantauan awak media, tumpukan sampah itu berada di sepanjang Jalan lingkungan warga di RT 01/08, kp Kebon Kopi Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Depok.

Keberadaannya tidak enak dipandang serta menimbulkan bau tak sedap. Sampah yang menumpuk dominan sampah rumah tangga.

Aden (33), salah satu pengendara, merasa terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah itu. Ia mengaku menahan napas setiap kali melintas di sana, agar bau sampah tidak tercium.

Kalau lewat pasti suka tahan napas, bau soalnya. Kayaknya mah itu tumpukan semakin banyak, dibiarin gitu aja,” ucap Aden, Rabu 21/11/2018.

Untuk itu, Aparat kepemerintahan maupun ketua lingkungan harus peka dan proaktiv terhadap sampah yang menumpuk, serta itu meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Khususnya Kelurahan Pengasinan, dalam hal ini Dinas terkait diminta peka dan bertindak.

Dia mencontohkan, salah satu solusi itu adalah membuat bak besar penampungan sampah sementara di setiap wilayah, dan diatur secara berkala untuk diangkut ke Tempat Pembungan Akhir (TPA).

“Simpel padahal kalau memang mau bergerak, tinggal buat aturan yang secara tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik sanksi administrasi, pidana, dan sanksi moral. Harus mencari solusinya,” paparnya.

Hal sama yang diungkapkan warga RT 01/08, ” sampah dijalan ini bukan hanya warga setempat tapi ada juga yang sengaja dari jauh untuk membuang sampah, ” malahan kemarin saya pergoki pake mobil bak yang buang sampah, dia sudah buang setengahnya untung saya datang akhirnya saya suruh angkut lagi, “ungkap salah satu warga RT 01 kepada media indonews melalui pesan singkat Grup WA.

Perilaku membuang sampah sembarangan masih menjadi penyakit sebagian besar masyarakat, tidak hanya milik orang miskin tetapi juga orang kaya, bukan hanya orang-orang yang tidak berpendidikan bahkan banyak orang yang berpendidikan masih memiliki perilaku membuang sampah sembarangan. Untuk itu dibuatkan peraturan agar warga membuang sampah tidak sembarangan.

Peraturan tentang sampah akan dapat mengubah pemikiran masyarakat untuk memilki cara pandang yang berbeda tentang sampah. Bahwa mereka yang menghasilkan sampah harus bertanggung jawab untuk membuang sampah mereka sendiri pada tempatnya. Diharapkan, pemikiran sederhana tersebut akan dapat membawa perubahan besar pada tertanganinya masalah sampah di lingkungan.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada konfirmasi ke pihak ketua lingkungan dan dinas terkait.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook