Budidaya Jambu kristal Menjanjikan Para Petani Di Kota Bogor

Budidaya Jambu kristal Menjanjikan Para Petani Di Kota Bogor

Indonews Bogor. Jambu kristal berasal dari Taiwan yang kini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang segar ,nikmat, bijinya sangat Minim dan dagingnya tebal.

Kini jambu yg banyak vitamin ini diperkirakan sudah menjadi populer dan menjadi primadona menggantikan dominasi jambu bangkok.

Komoditas jambu kristal menjadi unggulan para petani Seperti halnya sekarang kebun jambu yang ada di wilayah kelurahan Harjasari Kecamatan Bogor Selatan RT 02/05. Kota Bogor, Jawa Barat, karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM.

Kini jambu yang banyak vitaminnya ini diperkirakan tak lama lagi akan menjadi populer dan menjadi primadona menggantikan dominasi jambu Bangkok yang saat ini dikenal luas.

Seperti yang dilakukan Ipul (saepul), yang sudah lama menggeluti budidaya tanam jambu kristal dan yang sudah banyak menanam dibeberapa wilayah kebun jambu kristal, Diatas lahan 4000 M2 terdapat 400 pohon jambu yang usia pohonnya sudah 2 tahun, ia mengatakan, ” Alasan jambu kristal jadi primadona petani karena unggul dalam cita rasa ,mudah di budidayakan ,frekuwensi panen yang tinggi serta peluang wirausaha dengan pemetaan tinggi dan terus meningkat,”Katanya.

“Bahkan setiap kali panen kami selalu kehabisan ‘stok’ buah,” katanya pula.

Seiring dengan makin populernya keunggulan jambu kristal di masyarakat itu, katanya lebih lanjut, maka permintaan pun akan terus meningkat, dan hal itulah saat yang tepat untuk memulai membudidayakan jambu kristal.

Selain itu, penanaman jambu kristal ini, masa bisa tanam hanya dalam waktu delapan bulan bisa mencapai berat 0,9 Kilo Gram (kg).

masa panen satu minggu sekali mencapai 5 kwintal dan kini harga jambu kristal di tingkat petani sekitar Rp.15000/kg, sedangkan dipasar modern bisa mencapai Rp.25000/kg hingga mencapai Rp.45000/kg, Harga ini lebih tinggi dibandingkan dengan harga jenis lainnya,”Bebernya.(Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook