PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KEPALA DESA,PERANGKAT DESA DAN BPD DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KEPALA DESA,PERANGKAT DESA DAN BPD DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA

Indonews Bogor.  Aparatur pemerintah desa merupakan aparat pemerintah tingkat paling dasar yang mempunyai tugas untuk melayani masyarkat. Mereka diaanggap aparat pemerintah akar rumput, karena dalam keseharian mereka selalu bertemu masyarakat.

Keberhasilan kinerja aparat desa akan berdampak pada keberhasilan program Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah dan bahkan Pemerintah Pusat. Karena itu aparatur desa perlu memiliki kapasitas yang memadai sehingga mampu mengayomi masayarakat desa kea rah yang lebih baik. Sebagai pengawas pemerintah desa BPD juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat. BPD juga harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai soal tugas dan fungsinya sehingga menjalankan tugasnya dengan baik.

Berkaitan dengan hal ini Pemerintah Desa Pagelaran, dengan Lurah Abdul Rohim. dan pemerintah Kecamatan Ciomas bekerja sama dan telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa, BPD dan Kelembagaan yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Pagelaran pada tanggal 29/11/ 2018.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini menghadirkan narasumber dari Kasi Pemerintahan Ciomas yang hadir sebagai pemateri adalah Aripin dan Dede, ia membawakan materi tentang Peranan dan Fungsi perangkat desa, BPD dan kelembagaan tingkat desa dalam penyusunan RANPERDES. Ia menjelasakan secara mendetail tentang tupoksi masing – masing.

Selain itu ia juga memaparkan tentang tata cara penyusunan Ranperdes, kaidah menyusun Ranperdes mengikuti langkah – langkah baku, ia juga menegaskn bahwa ADD dan dana Desa yang diterima cukup besar jadi perlu dimanfaatkan secara baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masayarakat desa, selesai materi dilanjutkan dengan diskusi.(R. Iyan Mufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook