SMP Negeri 2 Ciawi Menggelar Berbagai Kegiatan Dalam Rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dan Hari Pahlawan

SMP Negeri 2 Ciawi Menggelar Berbagai Kegiatan Dalam Rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dan Hari Pahlawan

Indonews Bogor. Hari sumpah pemuda yang diinisiasi oleh pergerakan – pergerakan pelajar seluruh Indonesia dalam bentuk pernyataan sikap bersama, “bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia.” Pernyataan ini merupakan suatu cerminan sikap kesadaran bersama sebagai suatu bangsa yang majemuk, namun tetap toleran dalam kebhinekaan.

Semangat sumpah pemuda ini pula yang menjadi pemantik jiwa heroisme pada peristiwa 10 nopember 1945 yang diperingati sebagai hari pahlawan, dimana para pemuda Indonesia bersama elemen-elemen masyarakat lain berbaur mengorbankan jiwa dan raga, bahkan nyawa demi mempertahankan kedaulatan negeri ini dari cengkaraman penjajah untuk yang kedua kalinya lewat NICA (penjajah belanda dan sekutu-sekutunya). Suatu bentuk pengorbanan yang menggugah nurani kebangsaan kita sebagai suatu bangsa yang berdaulat.

Berdasarkan 2 (dua) peristiwa penting ini kemudian keluarga besar SMP Negeri 2 Ciawi yang beralamat di Jl. Mayjen HE Sukma Kecamatan Ciawi Desa Bitungsari Kabupaten Bogor.

pada Selasa, 27 Nopember 2018 menggelar peringatan hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Mengadakan berbagai kegiatan Olimpiade, diantaranya IPA, matematika, IPS, Storyteling, Kawih sunda, Paduan suara, Daur ulang, Lomba Pakaian Adat, dan Masakan Tradisional Di lapangan aula SMP N 2, diikuti oleh Siswa-siswi dari Kelas 7, 8, dan 9

Menurut Rio, M.M Pd. (Ketua Panitia): “Kegiatan ini diadakan untuk menggugah kesadaran siswa tentang pentingnya semangat sumpah pemuda dalam penerapan keseharian di sekolah, dan ia berharap dengan adanya kegiatan ini Anak anak lebih semangat ,termotivasi untuk berkreasi dan menghargai, mengingat jasa pahkawan,”Ujarnya.

Hal sama yang diutarakan Kepala Sekolah, Tati widiya S.Pd, Harapan kami agar siswa-siwi selalu semangat Termotivasi Inovatif dan mengenal nilai Budaya Bangsa Indonesia,”ucapnya.

Ia juga memaparkan, bahwa lahirnya sumpah pemuda karena adanya kesaman visi dan misi antar pemuda di seluruh pelosok negeri, yaitu sebagai suatu tanah air, bangsa dan bahasa yang sama. Kesamaan visi dan misi inilah kemudian yang menjadi peleceut semangat untuk membebaskan bangsa ini dari cengkraman penjajah. 

Semangat ini hendaknya menjadi Ruh para siswa untuk merubah pola pikir (mind set) dan tingkah laku yang negatif dengan meninggalkan pola-pola indsipliner, tidak taat aturan, susah diatur dan prilaku negatif lainnya dan menggantinya dengan perilaku yang positif berupa sikap taat beribadah, berfikir kritis dan kreatif, santun dalam bertingkah laku, disiplin, mandiri dan sikap positif lainnya,”Pungkasnya.(Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook