Aku Dukung Ibu Menyusui, Asi Eksklusif Sehat – Hemat – praktis – Higienis

Aku Dukung Ibu Menyusui, Asi Eksklusif Sehat – Hemat – praktis – Higienis

Indonews Bogor – ASI merupakan makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan dan tidak dapat tergantikan dengan produk buatan manusia seperti susu formula.

Pada asupan buatan Tuhan tersebut mengandung zat immunoglobulin, yakni senyawa protein yang digunakan untuk melawan kuman penyakit baik virus, bakteri, racun, dan bakteri.

Selain itu, ASI juga mengandung zat-zat bersifat mikro yang mencukupi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Manfaat lain pada pemberian ASI, yakni pada saat proses menyusui, merupakan sebuah manfaat yang tidak bisa tergantikan.

Sayangnya kesadaran masyarakat mengenai manfaat ASI masih minim. Padahal, Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 bulan, kecuali atas indikasi medis (diambil dari UU No. 36 tahun 2009 pasal 128ayat 1).

Melihat pentingnya ASI bagi anak dan ibu GALAKSIE (Galakan Asi Eksklusif) menggelar acara Public Study Tour dari para Mahasiswa Australia,yang di fasilitasi Oleh FKSM (Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia) di Aula Kelurahan Tajur Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, Selasa 05/12/2018.

Kepala puskesmas Pulo Armyn, Dr. Djohan Mursali M.Kes, Tentang Galaksie (Galakan Asi eklusif)
Terutama tentang kampung Asi di Kelurahan Tajur Kecamatan Bogor Timur kota Bogor, dimana mengadakan beberapa kegiatan diantaranya : Kelas Asi , kelas Ibu Hamil, kelas Ibu Balita dll.

Ini kita adakan Inovasi kampung Asi ini dikarnakan adanya Bumi Demografi tahun 2030, Visi dan Misi Bapak presiden tentang Indonesia Sehat, dan Visi Misi Puskesmas Pulo Armyn, yang berorientasi pada Promosi dan preventif.

” Dimana ibu ibu yang selalu melaksanakan di dorong untuk menyusui dengan Asi, Mendapatkan ASI merupakan hak asasi bagi setiap bayi. ASI mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi selama masa tumbuh kembang, terutama pada usia 2 tahun pertama. ASI adalah suatu cairan biologis yang dinamis dan kompleks, terdiri lebih dari 200 zat aktif termasuk imunoprotektor, enzim, hormon, vitamin, dan faktor pertumbuhan.

 “Serta, faktor lainnya yang sama baiknya dengan nutrisi atau zat esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi,” ungkap dr Djohan Kepada awak media Indonews baru-baru ini. Menurut dr Djohan, komposisi ASI selama menyusui akan berubah dari hari ke hari sesuai kebutuhan bayi untuk tumbuh.

Selain faktor nutrisi, ASI juga mengandung faktor imunologi (kekebalan tubuh) sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi. Hal itu terjadi karena ketika si ibu terinfeksi, sel darah putih dalam tubuh ibu membuat perlindungan terhadap ibu.

Namun, sebagian sel darah putih menuju payudara dan membentk antibodi. Antobodi yang terbentuk itu keluar melalui ASI sehingga melindungi bayi. Tidak hanya itu, ASI juga memiliki faktor pertumbuhan yang tidak dimiliki oleh susu sapi atau susu formula,”Bebernya.

Hadir pula pada kesempatan itu, Lurah Yadi Ruyadi S.Pd, Kelurahan Tajur, “Kami sangat berapresiasi dengan kegiatan ini, Dan berharap masyarakat kedepan selalu sehat dimana yang telah di paparkan tadi melalui program ASI EKSKLUSIF (sehat, Hemat, praktis, higienis), kegiatan ini sengaja melibatkan banyak kalangan sebagai peserta agar tercipta dukungan untuk pemberian ASI kepada anak tak hanya dari para sesama ibu menyusui tetapi juga dari pemerintah, komunitas dan masyarakat secara umum.

“Kami harap para peserta dari berbagai kalangan ini bisa terus menyebarluaskan dan ingatkan pentingnya dan manfaat ASI di komunitasnya masing-masing,”Ujarnya.(Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook