Warung  Kopi BOGOR  KAPAYUN “KORUPSI MUSUH ORANG BERAGAMA”

Warung  Kopi BOGOR  KAPAYUN
“KORUPSI MUSUH ORANG BERAGAMA”
.
Indonews Bogor – “Kalau pun ini ‘hanya acara internal Pelantikan & Pengukuhan DPD GMPK – Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi Kabupaten Bogor, namun dengan ditambahkan acara Dialog Interaktif ber-tema “Membangun Kabupaten  Bogot Termaju,  Menuju Indonesia Lebih Beradab” dengan nara-sumber dari Kantor Staf Presiden RI, Kemendes RI, Satgas Dana Desa RI dsb  rasanya acara internal ini mempunyai rasa dan gaung -nasional. Desa & Perangi korupsi itu isue-bagus apalagi dikaitkan dengan kinerja presiden Jokowi, ini dapat kita lihat dengan dibentuknya Satgas Dana Desa dan diperkuatnya peran KPK, Polri dan Kejaksaan dalam memerangi korupsi. Karena Korupsi itu adalah musuh bersama dan dilarang dalam agama apapun, maka aneh jika ada anggota legislatif yang gembar-gembor melemahkan KPK. Termasuk adanya kepala desa yang korupsi Dana Desa, ini tidak ‘fair, disatu  pihak presiden Jokowi  secara keras membangun  Desa disatu sisi ada yang ‘mengkorupsinya.”, demikian Ary Dicky Buntoro – Relawan senior, Sekjen JMN-Jaringan Makmur Nusantara & Dewan Redaksi Indonews bd. Pemberdayaan Masyarakat saat ditemui di lobby Ruang Serbaguna, Pemkab Bogor, kabupaten Bogor (17/12) lalu.

Usai Pelantikan & Pengukuhan DPD GMPK – Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi Kabupaten Bogor  (17/12) lalu,  tepat pkl.11.42 wib, acara dilanjutkan dengan Dialog Interaktif “Membangun Kabupaten  Bogot, Termaju  Menuju Indonesia Lebih Beradab”  , merupakan kebanggaan tersendiri saat panitia meminta saya menjadi moderator acara dan duduk diantara  para nara-sumber ‘kawakan’,al;  Irjen.Pol.Purn. Bibit Samad Rianto – Satgas Danna Desa RI, Burhanuddin Saputu – KSP.RI, Wahyu Hananto Pribadi – Kemendes RI,  Wawan Darmawan – Kesbangpol Kab. Bogor & Puguh Kuswanto – Ketua Panitia/Pengusaha Muda Kab. Bogor – dada ini pun terasa berdetak kencang, bangga dan  haru bisa ‘satu-level dengan mereka.’Ahahah..Lebay !
.
Berikut notulen singkat acara dialog tersebut,
.
PROLOG
Pancasila & Bhinneka Tunggal Ika diciptakan para pendahulu sebagai pijakan, dasar dan komitmen bersama lintas etnis, suku , profesi & agama. Salah satu tujuannya adalah menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang adil dan beradab. Yang kemudian tertera di sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab.
.
Pasca Reformasi 1998 khususnya 10 tahun belakangan konflik antar etnis, meningkatnya radikalisme, meningkatnya korupsi, meningkatnya intoleransi dan terorisme seolah menghancur-leburkan semua itu . Maka perlu lagi diupayakan membangun kembali semangat bersama untuk itu. Termasuk mengawal Dana Desa tepat guna dan jauh dari penyalah –gunaannya (korupsi), apalagi korupsi adalah musuh semua agama.

Tanggapan Para Nara-sumber, saat ditanyakan “Apa yang disebut Indonesia sebagai bangsa yang beradab?”, yaitu:

BURHANUDDIN SAPUTU
(Staf ahli Deputi IV kantor Staf Presiden RI Bd. Pengelolaan komunikasi dan desiminasi informasi)
.
a.Dalam UU Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Staf Presiden. Deputi IV ,  mempunyai tugas membantu Kepala Staf Kepresidenan dalam pengelolaan komunikasi dan desiminasi informasi 
.
b.Kedeputian IV mempunyai fungsi utama untuk memastikan terjalinnya komunikasi yang lancar dan berimbang di antara berbagai pemangku kepentingan – baik yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan program-program prioritas Presiden. Tidak terbatas pada lembaga-lembaga negara, komunikasi dalam beragam bentuk pun harus dibangun dengan masyarakat sipil dan kelompok-kelompok strategis lainnya, termasuk kelompok masyarakat yang antusias atas program – program Presiden Jokowi salah-satunya tentang Dana Desa dan Perangi Korupsi
.
c.GMPK – Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi adalah salah-satu elemen masyarakat yang perduli atas program Dana Desa dan Perangi Korupsi, “Kami meng-apriesiasi berdirinya GMPK khususnya di kabupaten Bogor. Mari sampaikan kebenaran-kebenaran kinerja Presiden Jokowi dengan lebih baik lagi, sambil melanjutkan program Perangi Korupsi dalam berbagai bidang khususnya Dana Desa”
.
d.Indonesia tidak akan menjadi Bangsa dan Negara yang beradab, salah satunya  jika para pejabat, eksekutif, legislatif, kepala daerah, SKPD dan siapapun masih melakukan korupsi dalam bentuk apapun, sekecil apapun.
.
WAHYU HANANTO PRIBADI
(Kemendes RI)
.
a.Memanage negara sebesar NKRI itu membutuhkan kerja keras dan sinergitas semua elemen masyarakat. Dan diakui ataupun tidak semua rakyat mengetahui Presiden Jokowi sudah melakukan pekerjaan siang malam dengan hasil maksimal, mulai dari pembangunan desa melalui Dana Desa dan Padat Karya Tunai yang menciptakan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya beli masyarakat desa hingga infrastruktur jalan, dsb menjadi lebih baik dari sebelumnya.
.
b.Presiden Jokowi telah mencontohkan dan memberikan tauladan bagaimana membangun NKRI dengan menjadi  lebih sejahtera makmur berkeadilan dan tentunya tanpa fitnah, caci-maki dan berani perangi korupsi.
,
c.Sepertinya para kepala desa yang tidak hadir di acara ini, karena ketakutan terhadap GMPK atau bagaimana. Yang saya tahu GMPK itu bukan menangkap para kepala desa yang korup, namun membantu para kepala desa bagaimana tepat guna menggunakan Dana Desa karena mereka mempunyai banyak materi untuk itu yang juga memang diamanahkan oleh UU.
.
d.Dana Desa dan BUMDes adalah bagian dari bagaimana Membangun Indonesia lebih beradab. Sejak thn.2015 hingga saat ini telah terbangun > 35.000 BUMDes  di seluruh Indonesia yang mana pastinya ini meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat 
.
e.Dalam menajamkan materi Dana Desa & mengantisipasi penyalah-gunaannya. Nanti ada waktunya kita selenggarakan Safari Transparansi Dana Desa. Untuk awal silahkan lihat UU.No.6/2014 dan Permendesa 16/tahun 2018. Kedepan, GMPK Kabupaten Bogor harus mampu memfasilitasinya.Kita berikan yang terbaik untyuk Kabupaten Bogor Termaju thn.2019-2024
.
IRJEN.POL.PURN. BIBIT SAMAD RIANTO
(Ketua Satgas Dana Desa RI)
.
a.Satgas Dana Desa atau GMPK adalah kumpulan pribadi yang anti prilaku korupsi karena korupsi itu merugikan keuangan dan ekonomi negara. Apalagi saat ini pemerintah sedang sibuk membangun demi terwujudnya Keadilan sosial nagi seluruh rakyat Indonesia dan Mewjudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab. 
.
Kehadiran Satgas Dana Desa dan GMPK adalah ke-ikut-sertaan dalam mencegah dan menangkal terjadinya korupsi di para pengguna anggaran baik di kementerian/lembaga pemerintah.
.
b.DPD GMPK kab. Bogor harus berdiri terdepan menjadi mitra-pemkab Bogor dalam ikut mewujudkan kabupaten Bogor termaju salah-satunya bersama-sama memberikan informasi positip dan advokasi jika terjadi penyalah-gunaan anggaran, khususnya di dana desa. Jika selama ini semua orang sibuk ‘memerangi korupsi diwilayah tertinggi satu gunung es, maka Satfas Dana Desa dan GMPK harus mampu masuk wilayah terbawah gunung es korupsi itu. Terutama di desa-desa seluruh Indonesia. 
.
DPD GMPK Kab. Bogor bisa melakukan sinerjitas program dalam hal sosialisasi Dana Desa dsb bersama Pemkab Bogor khususnya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Apdesi Kab. Bogor.
.
c.Positive Personal improvement; yaitu individu yang mempunyai kepribadian yang teguh terhadap aturan yang diinternalisasi dalam dirinya. Dengan demikian, ia tidak mudah goyah dengan pengaruh lingkungan sosial yang ada bahkan mampu melawan hal apapun yang bertolak-belakang dengan kepribadiannya, itulah yg disebut dengan “Integritas”. Dan hanya  Individu yang mempunyai integritas yang tinggi terhadap nilai dan aturan yang dia junjung , yang mampu untuk tidak melakukan tindakan amoral, diantaranya adalah prilaku korupsi dan penyalah-gunaan wewenang/kekuasaan, kalau pun ada kesempatan untuk melakukannya.— (Hal ini disampaikan jauh hari sebelum acara dialog, tepatnya saat dinner , Minggu,17/12 lalu)
.
c.Adab, Beradab atau Peradaban. Dalam contoh Dana Desa, sudah adab-nya para kepala desa melakukan tugasnya dalam hal penggunaan Dana Desa dengan baik , transparan dan akuntabel. Mengapa?, karena Transparansi dan akuntabilitas dana desa masih menjadi salah satu isu yang menarik perhatian banyak kalangan. Kondisi ini terjadi karena banyaknya kasus dugaan penyimpangan dana desa yang disorot oleh media massa. Hampir tiap hari ada saja kabar mengenai dugaan penyimpangan dana desa. Sedangkan kita tahu korupsi itu dilarang dalam semua agama, jadi bagaimana disebut beradab jika korupsi masih dilakukan. Apalagi terhadap anggaran dan dana yang semestinya untuk hajat orang banyak.
.
Korupsi timbul karena ada Niat, Kesempatan,Kekuasaan/wewenang  dan lemahnya iman dan agamanya. Korupsi dilakukan untuk memperkaya pribadi, kelompok dan korporasinya.  Jadi korupsi adalah peng-ingkaran terhadap Pancasila khususnya sila ke-2 ttg Kemanusiaan yang adil dan beradab. Juga Sila ke-5 ttg Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

WAWAN DARMAWAN
(Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Bogor)
.
a.Visi Kesbangpol Kabupaten Bogor, adalah Terwujudnya masyarakat Kabupaten Bogor yang berwawasan kebangsaan menuju terciptanya Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Stabilitas Politik. Tentunya ini ‘nyambung dengan  tema dialog ini yaitu “Membangun Kabupaten  Bogor Termaju , Menuju Indonesia Lebih Beradab”.
.
Keaneka-ragaman suku, etnis, agama dan komunitas di kabupaten Bogor merupakan warisan  yang harus dijaga baik, tentu ini bukan hanya tugas  kami (Pemkab Bogor) namun semua elemen masyarakat. Termasuk LSM/Ormas dan Pers. Karena ke-beradaban pun ada dalam Persatuan dan Kesatuan seluruh anak bangsa
.
b.Kami (Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bogor ) telah  banyak melaksanakan berbagai program dan kebijakan yang berkaitan dengan upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI maupun demokratisasi kehidupan berbangsa dan bernegara yakni diantaranya dengan pembentukan forum – forum strategis lintas elemen masyarakat yang dianatara adalah di lebih 300-an LSM/Ormas di kabupaten Bogor . kalau pun ada yang ‘out the box, namun mereka itu adalah mitra-kerja kami. 
.
c.Dengan kehadiran DPD GMPK kab.Bogor , kalau tidak salah , ini LSM/Ormas ke-7 yang fokus dalam hal ‘perangi korupsi. Kami mewakili Pemkab Bogor mengucapkan selamat dan sukses atas acara ini, termasuk saat diminta menjadi salah-satu narasumber menggantikan Bupati Bogor , “Kalau pun mungkin saya bukan orang yang tepat untuk duduk disini menggantikan Bupati Bogor yang berhalangan hadir,  saya merasa bangga dapat duduk bersama dengan tokoh-tokoh nasional lainnya khususnya dalam kesamaan perangi korupsi. GMPK telah tampil beda, dan selamanya kami harapkan selalu tampil  beda dalam gerakannya dalam ikut serta mewujudkan Kab.Bogor Termaju..”
.
PUGUH KUSWANTO
(Ketua panitia, Generasi Muda & Pengusaha Muda kab. Bogor)
.
a.Selama ini masyarakat dipertontonkan bagaimana sibuknya para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat dan daerah termasuk di BUMN/D yang kemudian bermasalah dengan KPK & Penegak hukum lainnya karena tersangkut kasus korupsi. Sehingga bagaimana bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dan beradab karena sudah banyak orang yang korupsi
.
b.Korupsi itu bertentangan dengan ajaran agama apapun, termasuk dalam Pancasila. Bagaimana bisa kita sebut sebagai sila ke-2 disaat tidak ada lagi ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab. Karena umumnya korupsi itu dilakukan didalam anggaran-anggaran yang seharusnya untuk mensejahterakan rakyat. 
.
c.Satu bangsa dan negara disebut beradab disaat dari waktu ke waktu mampu memperkecil angka korupsi dan kerugian negara.
.
d. Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu. Saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Kami mempunyai tekhnology untuk ke-arsipan sejak tingkat desa hingga nasional, kami siap membantu semua pihak jika dirasakan perlu.
.
e.Kami juga siap memberikan fasilitas kepada para kepala desa untuk mempunyai website desa sendiri

Demikian bagian dari notulensi tersebut yang juga kami ‘mix dari beberapa refernsi baik saat Dinner, dsb. Dengan harapan ini menjadi manfaat bagi para pembaca INDONEWS dimana saja berada. Mohon maaf lahir bathin…. (Arief P.Suwendi, Ketum PERI – Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Media Ummat & Indonews bd.Media dan Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook