Lurah Pengasinan Ingin Hidup Nyaman Agar Hadirkan Ahli Waris Untuk Pembuatan Surat

Lurah Pengasinan Ingin Hidup Nyaman Agar Hadirkan Ahli Waris Untuk Pembuatan Surat

Indonews Depok. PPAT adalah pejabat umum yang diangkat Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang diberikan kewenangan khusus untuk membuat akta-akta tertentu, yaitu akta jual beli, tukar-menukar, hibah, pemasukan dalam perusahaan, pembagian hak bersama, pemberiaan hak tanggungan, pemberian hak guna bangunan atas tanah hak milik,dan pemberian hak pakai atas tanah hak milik dan lain lain.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah, suatu hibah harus dibuat dengan suatu akta PPAT. Sebagaimana dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah,

Penghibahan tanah sering dilakukan dengan mengabaikan segi formalnya, sehingga bilamana pemberi hibah telah meninggal dunia akan mengundang sengketa mengenai status tanah yang dihibahkan. Disinilah arti pentingnya kehadiran seorang PPAT sebagai legitimasi dari Undang-Undang untuk membuat suatu kepastian hukum mengenai hak atas tanah.

Dengan demikian, akta PPAT merupakan syarat mutlak yang harus ada dalam suatu peralihan hak milik atas tanah, karena berkaitan dengan pendaftarannya, dimana BPN akan menolak pendaftarannya apabila tidak melampirkan akta hibah yang dibuat dihadapan PPAT.

Lain halnya dikelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Kota Depok, mengawali akan penerbitan Surat atau Akta sebelum menghadap PPAT/PPATS terlebih dahulu si pemohon ada kesepakatan dengan para ahli waris lanjut meminta keterangan persyaratan dari RT/RW dan kelurahan seperti Surat Pernyataan Ahli Waris dan lain lain.

Tetapi saat akan mengurus persyaratan tersebut, dikelurahan Pengasinan, seorang warga merasa dipersulit, dengan adanya surat kuasa tidak cukup kuat untuk menghadap pihak kelurahan, pihak kelurahan meminta agar para ahli waris dihadirkan menghadap Lurah.

” Surat Hibah yang saya bawa belum bisa dibuat Akta, dengan alasan bahwa surat hibahnya tahun 2004, dan harus melengkapi Dokumen yang lain.

Sedangkan Dokumen yang saya bawa sudah lengkap tapi Lurah Pengasinan Asyari menyuruh para ahli waris datang ke kantornya untuk ditanyakan keabsahanya, Ironisnya semua persyaratan administrasi sudah lengkap koq mesti harus dihadirkan juga para ahli waris, padahal sudah jelas jelas surat hibah induknya juga dibawa dan semua ahli waris pada tandatangan, beliau sepakat bahkan surat kuasa ada juga koq, apakah benar SOP nya seperti itu”ungkap inisial A kepada awak media Indonews, Selasa 18/12/2018.

” Bagaimana pun juga para ahli waris ini harus dihadirkan kesini dua pertiga orang yang tercantum di Surat Hibah itu, untuk mengantisipasi yang tidak kita inginkan, yang namanya juga bentuk surat bisa saja absah dan tidak absah, kalau dihadirkan oh betul ini keluarga saya kita sepakat akan membuat surat atau Akta, nah itu, kalau tidak dihadirkan kita mau bertanya sama siapa,”ujar Asyari.

Saya kan sudah diberi kuasa dan dibuat suratnya oleh penerima Hibah, sahut inisial A, dan ini suratnya ada dan pakai matrai dan para ahli waris semua sudah tanda tangan mengkuasakan kepada saya untuk mengurus segala sesuatunya dan menghadap Pak Lurah salah satunya,”sahut warga inisial A tersebut.

Oh yudah tidak apa apa, kan selain yang dikuasakan harus ada saksinya, kalau tidak ada, hanya satu orang saja, siapa yang mau saya tanya’ tidak ada yang dipersulit, kita juga melayani kalau memenuhi persyaratan, saya mengkhawatirkan lima orang ahli waris ini sewaktu waktu ada salah satunya yang menggugat, kita bagaimana sebagai kepala kelurahan, kita harus punya prinsip, sekarang iya saya masih tugas ketika saya sudah tidak tugas gimana, saya ingin hidup saya tenang, tidak dipanggil panggil saya ingin hidup nyaman,”ungkap Asyari.

Ditempat berbeda, salah satu Stap Pegawai Kecamatan Sawangan Inisial (MA) mengungkapkan, “Sebenarnya sih para ahli waris menghadap di PPAT/PPATS bukan dikelurahan. Tapi itu juga tergantung Lurahnya, soalnya masing masing Lurah punya Karakter berbeda, serta tergantung kita ada hubungan baiknya sama Lurah tersebut, “Ungkapnya.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook