Warga Kp Sinar Karya Baru (SKB) Desa Pabangbon Butuh MCK

Warga Kp Sinar Karya Baru (SKB) Desa Pabangbon Butuh MCK

Indonews Bogor. Anggaran dana desa (DD) dari pemerintah pusat diharapkan dapat menjadi modal bagi setiap desa untuk membangun infrastruktur, salah satunya ialah Pembangunan MCK, namun hal ini berbeda dengan yang dialami Warga Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Pasalnya, Warga Desa Pabangbon khususnya di Kp. Sinar Karya Baru RT 01/12 tak memiliki fasilitas sanitasi MCK yang layak. Jangankan MCK, air bersih pun sulit mereka dapatkan untuk kebutuhan sehari-hari. sehingga Sebagian besar warga yang tidak memiliki kamar mandi hanya mengandalkan sungai yang ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1 km untuk keperluan mandi, mencuci, dll. 

Bahkan acap kali ketika kekeringan menimpa desa Sinar Karya Baru, warga terpaksa menggunakan air sungai yang tidak layak konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Sama halnya yang dialami Ibu Arsah (45), bahwa dirinya beserta warga lainnya dikampungnya sampai saat ini masih menggantungkan kebutuhan air bersih dan cuci kakusnya ke sungai, kendatipun mereka sadari bahwa kebersihan dari air sungai tersebut sudah tidak layak untuk digunakan.

Akan tetapi akibat ketidak mampuan untuk membuat sendiri sanitasi dirumahnya maka terpaksa tetap menggunakan air sungai tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhannya sehari-hari.

“Ya kan begini namanya hidup di kampung Pak. Kamar mandi juga susah. Paling kita pake jamban buat nyuci, buang air kecil dan mandi. Pokoknya yang kaitan sama WC kita di kali dengan berjalan kaki jauh, karena kebanyakan warga tidak punya WC di rumahnya, dulu pernah ada MCK karena tidak terawat dan diperhatikan akhirnya Rusak hingga sekarang pihak Pemerintah Desa Pabangbon belum ada kabarnya lagi, ” ungkapnya kepada awak media Indonews, Minggu 23/12/2018.

“Kami ini warga tidak mampu jangankan untuk membuat wc atau kamar mandi untuk makan saja kami kesulitan.”tambahnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa seluruh warga tidak mampu di kampung nya akan sangat terbantu apabila pihak pemerintah kabupaten Bogor dengan Dinas Terkait membantu dengan mendirikan sarana MCK dilingkunganya.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook