Warung Kopi BOGOR KAPAYUN. “JOKOWI, BIBU & KECEBONG BALI “

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN.
“JOKOWI, BIBU & KECEBONG BALI “
.
Indonews, Bali – Hari ke-2 di Bali, Minggu (23/12) saya sempatkan bertemu dengan 2 teman relawan BALI VOLUNTEERS ( Member of PERI – Persatuan Relawan Indonesia) di kawasan wisata Tirtagangga, Karangasem,Bali. Yang satu bernama Agoeng Dharma yang juga teman sejak SMP lalu yang kini tinggal di Karangasem-Bali & teman yg kedua, Nyoman Parta Adi (Komang) – Relawan asal Legian-Bali. Kami-lah para ‘Kecebong Bali, Relawan Bali & Relawan yang perduli Bali. Ahahahaha..
.
Pkl.15.42 kami diajak Agoeng kesebuah resto sederhana. Setelah memesan apa yang kami mau, diskusi pun dimulai seru……….“Semoga pembangunan Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) di desa Kubutambahan, Buleleng, Bali Utara akan cepat terealisasi shg tercipta kebangkitan ekonomi Bali Utara dengan lebih cepat & lebih baik lagi..”, kata Agoeng membuka pembicaraan
.
“Amin, Maka masyarakat Bali Utara dan pulau Bali umumnya akan bertekad memenangkan Jokowi-Ma’ruf karena sudah jelas hasil kerjanya. Dan ini kami percayakan kepada I Wayan Koster (Gubernur Bali Baru) untuk memimpinnya .”, tambah Komang
.
“Target suara Jokowi-Ma’ruf di Bali Pilpres 2019 min.80%, ini untuk menyeimbangkan suara di Jateng, Jatim, Jabar, DKI Jakarta,NTT,Sumbar,Riau dan beberapa daerah lain yang thn.2014 lalu minim Suara. Kita semua akan tidak habis pikir jika Indonesia dipimpin ‘bukan’ oleh Jokowi tahun 2019-2024 yad”, tambah Agoeng, saya dan Nyoman manggut-manggut.
.
“I Wayan Koster pastinya akan total ‘football untuk Jokowi, salah-satunya terbuktikan jika Koster satu sikap dengan Jokowi, jika mereka bukan ‘antek-aseng. Yaitu dgn ditutupnya beberapa toko-roko Cina illegal di Bali oleh Koster sejak menjabat jadi Gubernur. Karena ini pula Koster harus ‘berhadapan dengan Menteri Pariwisata. Ini diawali dengan banyaknya pemilik toko tsb memberi subsidi kpd wisatawan Cina ke Bali , mereka pasang harga Rp.600.000/paket ke Bali padahal harga resmi antara Rp.4-6 juta. Intinya mereka diberi subsidi namun saat di Bali mrk wajib / hanya belanja di toko-toko illegal tsb. Menpar Ingin Toko Tiongkok di Bali Buka Tahun Depan, Tapi Koster Tak Setuju. Koster tak mudah di-dikte seperti Jokowi yang kemudian disebut Mr.Koppig (Keras-kepala) …”, kata Agoeng lagi.
., dia tidak mudah di-dikte.
Saya menambahkan, ……“Iya, bangganya kalian punya gubernur Bali sekarang ini, sebangganya kami di Jawa Barat punya Gubernur Kang Emil Ridwan Kamil. Koster memang Koppig, Ahahaha, saya pribadi sepakat dengannya. Toko-toko tersebut memang berizin namun yang dipermasalahkan adalah praktiknya yang menyimpang. Praktik tersebut adalah subsidi kepada wisatawan Cina dengan imbalan wajib berbelanja ke toko tersebut (Zero dollar tours). Ini bukan ttg etnis ya, ini soal bisnis. Kita tahu Bali itu toleran, tanpa tawar-menawar, namun ttg bisnis dan harga diri Bali, Koster siap terdepan. Ini contoh kepala daerah yang ‘wong cilik, pro-rakyat. Koster Koppig, Te-Ope-Be-ge-te !..”, kami pun tertawa.

Kemudian diskusi berlanjut ttg rencana pembangunan BIBU (Bandara Internasional Bali Utara), berikut catatannya:
.
1.Bandara Internasional Ngurah Rai (BINR) Bali saat ini telah mencapai > 21 juta orang penumpang/tahun (> 58.300 orang/hari) maka dalam mencapai target 30-35 juta orang/tahun (83.300 orang/hari) diperlukan langkah-langkah ‘bijak lain selain melakukan pembangunan disana. Namun, kapasitas Landasan pacu (runway) BINR pun sudah overload. Dan untuk membangun hingga tercapai 30-35 juta orang itu diperlukan biaya > Rp.27 triliun, maka diperlukan ‘second-runway, dan lokasi yang terbuka adalah di Bali Utara, kemudian dinamakanlah BIBU – Bandara Internasional Bali Utara
.
2.BIBU hanya membutuhkan biaya > Rp. 6,7 triliun sekaligus pembangunan jalan tol lintas Bali Selatan & Utara > 77 Km, yang pembangunannya diperkirakan sekitar 3 tahun.
.
3.BIBU akan dibangun oleh PT.BIBU Panji Sakti & KINESIS Capital & Investment (Canada), bahkan mereka telah menyiapkan anggaran > USD.2 Miliar (> Rp.27 triliun) untuk luas lahan > 1.060 hektar , panjang landasan > 4.100 meter, 30 gedung, terminal > 230.000 meter.
.
4.Dari hasil feasibilty-Study PT.BIBU ke Kemenhub , khususnya keterkaitan lokasi khirnya terpilih desa Kubutambahan, Kab. Buleleng, Bali. Yang awalnya ada 3 ‘’calon venue,yaitu: Desa CelukanBawang, Letkol. Wisnu & Desa Kubutambahan.
.
5.Ground-breaking akan dilakukan PT.BIBU jika telah ada ijin dari pemerintah pusat & instansi terkait khususnya ttg penetapan lokasi (penlok) dan ijin pelaksanaan. Inshaa Allah Januari 2019 ‘running well.
.
6.PT.BIBU akan concern untuk membangun BIBU di atas laut/pantai, sehingga tidak banyak mengganggu Pura-Pura yang ada dan lahan produktif masyarakat lainnya. Kalau pun di darat akan membutuhkan waktu hingga 10 tahun itu pun hanya utk pembebasan lahannya saja.
.
7.Sampai saat ini ‘ter-confirm bahwa Bandara ini akan dibangun diatas laut, direncanakan pula jika akan dibangun dua landas pacu atau runway
.
8. BIBU akan menciptakan 1.300 bisnis baru di Bali dgn asumsi serapan > 240.000 lapangan kerja untuk masyarakat disana. Dan akan meningkatkan peran serta bisnis pengelolaan kargo , jasa cleaning service, jasa sewa rumah/kost, tenaga kerja pramugari, pilot, crews , hotel, restoran, transportasi, warung-warung kuliner, sekolah
/lembaga pendidikan hotel-restoran, dsb. Dan di-asumsikan potensi ekonomi di Bali akan meningkat > 12-20,2% sedangkan di Bali Utara > 70% dalam segala hal.
.
9.Kami mendukung BIBU, juga kerja I Wayan Koster, M.M. selaku Gubernur Bali periode 2018-2023 karena Koster juga demikian ‘commited atas BIBU sejak kampanye lalu. Semoga ia akan ‘banyak membawa perubahan berarti bagi Bali sebagaimana Jokowi sejak menjabat Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Pres.RI thn.2015-2019 & 2019-2024 mendatang. Koster putra Bali kelahiran Singaraja, Bali, 20 Oktober 1962 lalu, kami yakin akan membawa Bali Utara lebih baik lagi salah-satunya melalui BIBU,AamiinYRA.
.
Saya, Agoeng & Nyoman bukanlah siapa-siapa,hanya relawan biasa,Kecebong Bali. Yang selalu berupaya dan berdoa agar Bangsa dan Negara besar ini dipimpin kembali oleh orang yang selalu optimis, bukan orang pesimis. Mohon maaf lahir bathin —– (Arief P.Suwendi, Ketum PERI – Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Media Ummat & Indonews Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook