Pers Depok Tanpa Hoax, Gelar Ngopi Bareng Bersama Anggota DPD dapil Jabar Dan Kesbangpol Kota Depok

Pers Depok Tanpa Hoax, Gelar Ngopi Bareng Bersama Anggota DPD dapil Jabar Dan Kesbangpol Kota Depok

Indonews Depok. Indonesia pada tanggal 17 April 2019 akan menggelar momen penting bangsa, momen besar yaitu pelaksanaan demokrasi Indonesia yakni Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Tahapan demi tahapan untuk menuju pelaksanaan pemilu serentak sudah dilakukan sejak Agustus 2017, namun sepanjang proses tahapan pemilu, ada fenomena besar muncul yang menjadi kekhawatiran masyarakat yakni munculnya fenomena fitnah memfitnah, kabar-kabar hoax yang menyerang para paslon

Hal tersebut dikhawatirkan akan semakin meruncing dan berpotensi menganggu integrasi dan persatuan serta kesatuan bangsa. Pentingnya membangun pemilu yang damai, bersih dan bermartabat menjadi perhatian banyak pihak salah satunya Sekber Wartawan Kota Depok yang meggelar Ngopi Bareng dengan tema ‘Pemilu yang Damai, Bersih, Bermartabat dan tanpa Ekses, Pers Depok Tanpa Hoax”.

Ngopi Bareng yang digelar di Kantor Sekber Wartawan Kota Depok Di Ruko Grand Depok City (GDC) Kota Kembang Depok, Jum’at 28/12/2018.

Menampilkan moderator Putra Gara dan para Narasumber yakni Anggota DPD RI dapil Jawa Barat Dra. Ir. Eni Sumarni, M.Kes dan Hj. N. Lienda Ratnanurdianny, SH, M. Hum Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok dan para Wartawan Kota Depok.

Dalam sambutannya Eni Sumarni yang akrab disapa Bunda, ia mengungkapkan, ” dimana fungsi dan peran anggota DPD sedikit timpang dimana tanggung jawabnya begitu ideal untuk menjembatani kepentingan daerah ke pusat, namun kebijakannya tidak maksimal.

“Karena segala perencanaan pembangunan daerah akhirnya sekadar perencanaan ketika fungsi peran DPD tidak memiliki kebijakan terkait dengan anggaran,” ungkapnya.

Bunda Eni lebih jauh mengungkapkan, meski fungsi DPD timpang, namun selama jalan satu priode ini, ia mendorong bagaimana daya saing daerah di wilayah daerah Jawa Barat dapat lebih ditingkatkan.

Karena melalui daya saing itulah tolak ukur pembangunan daerah dapat dilihat. Disamping itu, Jawa Barat sebagai salah satu lumbung pangan penghasil padi, memerlukan sokongan dan dukungan dari kebijakan pemimpin tingkat daerah dan pusat.

Oleh karena itulah perlu dibangun diskusi dan fasilitasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat, dan pemerintah daerah untuk menampung aspirasi masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan.

Eni dalam pemilu 2019 ini kembali maju menjadi kontesan DPD lagi, berharap kedepannya DPD fungsi dan perannya lebih banyak lagi, sehingga mampu berperan lebih maksimal. Terutama terkait masalah pengambil kebijakan.

“Karena itulah perlu adanya dukungan dari semua pihak, agar kemajuan pembangunan daerah dapat berjalan sesuai harapan,” Tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hj. N. Lienda Ratnanurdianny, SH, M. Hum Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok yang hadir pada saat itu mengatakan, sangat apresiasi kepada Sekber Wartawan Kota Depok atas diselenggarkannya Ngopi Bareng.

“Saya merasa Peran insan Pers itu sangat membantu dalam penyelenggaraan pembangunan Pemerintah, Khususnya di Kesbangpol, harapannya adalah insan pers ini mempunyai wawasan Kebangsaan dan berfungsi dalam Repfleksi Dini atau Pencegahan Dini, yaitu cara pandang diri dari lingkungannya agar bisa mendukung atas Penyelenggaraan Pemerintah ini berjalan lancar,”Ungkapnya.

Ia juga berharap agar pemilu serentak nanti berlangsung lancar, tenang, damai, tanpa hoaks, fitnah memfitnah dan tanpa konflik tanpa ekses.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Insan Pers harus bisa S.A.R.E, yaitu Scanning kalau ada berita itu di scaning jangan dulu di share buktikan dulu kebenarannya, kemudian Analisa, apa iya beritanya seperti itu, Lalu Responds dan Evaluasi agar lebih dikaji dahulu seperti apa penanganannya agar wartawan atau pers wajib lebih dahulu meragukan atau skeptis terhadap informasi sampai dapat dibuktikan kebenarannya sebelum boleh disiarkan. Tanpa fakta yang benar,”tutupnya.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook