Warung Kopi  BOGOR KAPAYUN “BUNG KARNO, SELANG RSCM & KEPALA DINAS KAB.BOGOR” .

Warung Kopi  BOGOR KAPAYUN
“BUNG KARNO, SELANG RSCM & KEPALA DINAS KAB.BOGOR”
.
Indonews, Bogor – Pagi ini, kami (Saya, Mas Ary ‘Dicky Buntoro, Jonny Sirait,Amd & Bobby) telah tiba di Teras belakang Istana Presiden Cipanas , Jawa Barat. Kami diminta ajudan Paduka Yang Mulia Bung Karno menunggu karena beliau sedang menerima telepon. Kami pun dipersilahkan sarapan bubur kacang hijau + roti bakar. Hampir 15 menit, tak lama Bung Karno telah hadir disini. “Selamat pagi semua”, tegurnya,kami pun menyalami beliau yang tubuhnya demikian harus seperti biasa.Beliau pun ikut sarapan, kemudian menceritakan soal telepon tadi.
.
BANTAHAN DIRUT RSCM – JAKARTA
“Tadi dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta saya telepon menanyakan tentang gosip yang beredar atas pernyataan Capres Prabowo Subianto yang mengatakan bahwa kondisi alat kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta sangat memprihatinkan khususnya tentang adanya laporan  ada satu selang alat cuci darah disana   dipakai oleh 40 orang. Prabowo menjelaskan, penderita sakit ginjal sangat bergantung pada pencucian darah. Ia menambahkan, jika satu alat tersebut dipakai 40 orang, si penderita akan mendapat berbagai macam penyakit.Ini disampaikan Prabowo saat ceramah akhir tahun di kediamannya Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018) lalu. 
.
“Tentunya dr.Lies membantah itu semua, dia mengatakan secara gamblang bahwa Pelayanan pasien di RSCM selalu mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien demikian juga dengan pelayanan hemodialisis (cuci darah). Pelayanan hemodialisis di RSCM menggunakan selang dan dialiser satu kali pakai (single use),jadi bagaimana bisa dipakai untuk 40 orang. Peralatan hemodialisis memerlukan tiga komponen utama, yaitu mesin hemodialisis, selang hemodialisis (blood tubing), dan dialiser (artificial kidney/ginjal buatan).

Mesin dialisis berfungsi sebagai pengatur proses dialisis dan tidak ada kontak langsung dengan darah pasien. Mesin dialisis digunakan bergantian untuk beberapa pasien. Sedangkan selang hemodialisis digunakan untuk mengalirkan darah dari tubuh pasien ke dialiser dan mengembalikan darah yang sudah didialisis kembali ke tubuh pasien. Selang hemodialisis hanya digunakan untuk satu pasien, demikian juga dengan di RSCM.
.
Dialiser, lanjut dr.Lies, merupakan ginjal buatan yang berfungsi membersihkan darah dari toksin sisa metabolisme tubuh. Dialiser pada proses hemodialisis dapat digunakan satu kali (single use) atau berulang kali pada pasien yang sama setelah dilakukan proses sterilisasi dan uji kelayakan. RSCM menggunakan sekali pakai (single use), baik untuk selang hemodialisis (blood tubing) maupun dialiser,” Bung Karno tertunduk lesu dan meneruskan kalimatnya.
.
“Seharusnya sebagai seorang Capres wawasan dan pola pikirnya agak lebih negarawan, apalagi jika tidak dilakukan dengan data kongkrit, ini memalukan diri sendiri”, kami pun terdiam sambil menelan bubur kacang hijau.
.
BUNG KARNO & KEPALA DINAS KAB.BOGOR
“Sekarang siapkan catatan kalian dan recordingnya, ini beberapa kuisioner saya untuk kalian dan mohon teruskan kepada kepala-kepala dinas yang saya sebutkan satu-persatu dibawah ini, ini adalah bagian dari hak masyarakat kab. Bogor untuk mendapatkan informasi sesungguhnya”, kata Bung Karno kami pun sibuk dengan alat-tulis. Dan berikut kuisionernya.
..
DMPD –DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KAB.BOGOR
Dalam Sistim Informasi Desa ada poin yang menyatakan bahwa SID – pun ikut peduli atas pemberdayaan usia anak yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan. Bagaimana sinerjitasnya antara SID, DPMD, Kepala Desa & Camat terkait dan Disdik kabupaten Bogor mengingat saat ini jumlah kemiskinan masih mencapai > 400.000 KK?, dan bagaimana penanggulangan kepada usia anak putus sekolah ?
.
Bagimana SID dapat mengawal Penggunaan Dana Desa ?
.
Darimana anggaran SID?, bagaimana bentuk pengawasannya dikaitkan dengan tujuan SID yaitu terciptanya SID yang Transparansi dan akuntabael?
.
DINAS DUKCAPIL KAB.BOGOR
-Aplikasi ‘Semangat’ adalah salah satu terobosan Disdukcapil dalam mempermudah anggota masyarakat melaporkan atau pengurusan akte kelahiran, memangnya sudah sejauh mana keengganan masyarakat mengurus soal ini?, lalu bagaimana result/hasilnya aplikasi ini karena masyarakat pelosok desa masih banyak yang gagap tekhnology, khususnya di beberapa wilayah yang terisolasi karena sulitnya infrastruktur?
.
-Di kab.Bandung Barat Disdukcapil malah memperbanyak mobile keliling untuk seluruh mempermudah pelayanan & kegiatan pendataan dan pengurusan dokumen2 , mengapa hal ini tidak dilakukan di Disdukcapil kab.Bogor?
.
Sampai saat ini tgl.4 januari 2019, jumlah pengunjung website Disdukcapil kab.Bogor baru mencapai 477.745, sedangkan jumlah penduduk kab. Bogor lebih dari 3 juta jiwa. Bagaimana cara & startegi di thn.2019 ini dalam meningkatkan atensi dan kepedulian masyarakat kab.Bogor untuk ‘stay-tune di website ini minimal hingga 30-50% dari jumlah penduduknya?
.
DINAS KOMINFO KAB.BOGOR
-Apa strategi dan kegiatan diskominfo kab.Bogor dalam ikut ‘Mewujudkan Kabupaten Bogor termaju thn.2019-2024?
-Apa peran strategis Diskominfo kab. Bogor selama ini dalam mewujudkan Good Governance dikaitkan dengan E-Goverment yang masih jalan ditempat?
-Apa strategi Diskominfo dalam ikut serta mensukseskan program “Gerakan Menuju 100 Smart City”
-Apa versi Diskominfo kab.bogor tentang Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Society, Smart Environment & Smart Economy?
.
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KAB.BOGOR
-Apa yang ingin dicapai dari program ‘Kampung Ramah Lingkungan (KRL)  versi Dinas LH?, lalu bagaimana implementasinya hingga saat ini?
-Apa strategi Dinas.LH dalam ikut serta mensukseskan program ‘kabupaten Bogor Bebas Sampah thn.2020 dikaitkan pula dengan Program ‘Jakstranas – Kebijakan & Strategi Pengelolaan Sampah Nasional?
-Jika saat ini jumlah sampah kab.Bogor mencapai 450 ton /hari sedangkan kemampuan Dinas LH hanya mencapai >100 ton, apa stretegi di tahun 2019 dikaitkan dengan  minimnya alat angkut sampah desa ke TPA terdekat?
-Sejauh apa Perda denda pelaku pembuangan sampah sembarangan khususnya di sungai dsb?
-Bagaimana sinerjitas Dinas.LH dengan LMDH di kab.Bogor khususnya dalam mengurangi illegal logging atau pemberdayaan masyarakat sekitar Desa Hutan?
.
Kemudian Bung Karno pamit untuk meneruskan aktifitasnya, kami pun berdiri. Sebelum hilang dibalik pintu, beliau berkata. “SALAM HANGAT SAYA UNTUK BUPATI  BOGOR IBU Hj. ADE YASIN & WABUP IWAN SETIAWAN. SELAMAT BERTUGAS & SAYA DUKUNG MEWUJUDKAN KABUPATEN BOGOR SEBAGAI KABUPATEN TERMAJU THN.2019-2023…”, Kami pun sontak memberikan simbol ‘Jempol kepada beliau. Mohon maaf lahir bathin…. —–  (Arief P.Suwendi, Ketum PERI – Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Media Ummat & Indonews Bd.Media & Event Organizer + Sekjend DPD GMPK kaab. Bogor )

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook