DISKOMINFO DAN PERSANDIAN KAB. SUKABUMI KUNKER KE DISKOMINFO KOTA SUKABUMI

DISKOMINFO DAN PERSANDIAN KAB. SUKABUMI KUNKER KE DISKOMINFO KOTA SUKABUMI

Indonews Sukabumi. Diskominfo (Dinas Komunikasi Informatika) dan Persandian Kabupaten Sukabumi, melakukan Kunker (Kunjungan Kerja) sekaligus belajar Pembangunan dan Pengembangan Smart City ke Diskominfo Kota Sukabumi. Kegiatan yang berlangsung hari Senin, 4 September 2017 ini, dipimpin langsung oleh Kepala Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi, H. Akhmad Riyadi, ATD., MBA., MM., serta diterima secara resmi oleh PLH Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Iing Abdullatief Rahmat, didampingi Kepala Bidang Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T. dan Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani, S.IP., M.Si., bertempat di Ruangan Rapat  Diskominfo Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi, H. Akhmad Riyadi, ATD., MBA., MM. menjelaskan, berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Sususnan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 60 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi memiliki tugas membantu Bupati Sukabumi melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian.

” Untuk itu, dalam rangka konsultasi dan koordinasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi, melakukan Kunker sekaligus belajar Pembangunan dan Pengembangan Smart City ke Diskominfo Kota Sukabumi. Sebab Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap menuju 100 Smart City, serta masuk peringkat 8 dari 25 kota dan kabupaten di Indonesia, yang menjadi Pilot Project atau Proyek Percontohan Smart City di Indonesia. Dikatakannya, hasil Kunker dari Diskominfo Kota Sukabumi ini, akan diterapkan dan dikembangkan di Kabupaten Sukabumi, supaya Kabupaten Sukabumi dapat sejajar dengan kota dan kabupaten lainnya di Indonesia, khususnya yang menjadi Pilot Project Smart City di Indonesia,”Ujarnya.

Sementara PLH Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Iing Abdullatief Rahmat menjelaskan,

“Smart City adalah Konsep Kota Cerdas, yang dirancang untuk membantu berbagai kegiatan warga masyarakat, khususnya dalam mengelola sumber daya yang ada, serta untuk mempermudah warga masyarakat dalam mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Dijelaskan pula, pada tahun 2017 ini, Kota Sukabumi masuk peringat 8 kota dari 25 kota dan kabupaten se Indonesia, yang menjadi Pilot Project Smart City di Indonesia. Adapun ke 25 kota dan kabupaten se Indonesia ini, terpilih dalam kegiatan Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City, yang dilaksanakan oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), bekerja sama dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi), KemenPPN / Bappenas (Kementerian Perencenaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), KemenPU-PR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), serta Kantor Staf Presiden.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T. menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap menuju 100 Smart City. Karena seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sudah memiliki aplikasi sendiri, serta sedang diintegrasikan dalam satu sistem. Maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan warga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain itu, Pimpinan Daerah di Kota Sukabumi sangat mendukung dan konsen mengimplementasikan Smart City di Kota Sukabumi, sesuai dengan pesatnya dan perkembangan teknologi informasi saat ini.

Sedangkan Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani, S.IP., M.Si. menjelaskan, “upaya untuk mewujudkan Smart City di Kota Sukabumi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, selain memanfaatkan infrastruktur dan suprastruktur yang dimiliki saat ini, juga melakukan kerja sama dengan pihak swasta, khususnya dalam penyediaan layanan teknologi informasi, dengan membangun beberapa titik layanan internet gratis bagi warga masyarakat di ruang-ruang publik, seperti di Taman Lapangan Merdeka, Taman Urang, Taman Cikondang, Setda (Sekretariat Daerah) Kota Sukabumi, Dispusip (Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan) Kota Sukabumi, serta dalam waktu dekat akan disediakan pula di area Terminal Tipe A. K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi.

Selain itu, juga memanfaatkan potensi Perguruan Tinggi yang ada di Kota Sukabumi, seperti Politeknik Sukabumi dan UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kota Sukabumi serta untuk mempermudah pelayanan publik, dengan memanfaatkan teknologi informasi.(***/Red)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook