Kwartir Ranting Karang Tengah Gelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Dan Kursus Orientasi Singkat (KOS)

Kwartir Ranting Karang Tengah Gelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Dan Kursus Orientasi Singkat (KOS)

Indonews Cianjur. Ka kwarran gerakan Pramuka Kecamatan Karang Tengah, Suryana S.Pd Ig,menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan kursus Mahir Orientasi, untuk Pembina Gudep dan Ka Mabigus.

Di buka langsung oleh Ka Kwarcab Kab Cianjur, dihadiri oleh Ka Mabiran, Ka Kwarran, Kordik, Ketua PGRI, Ketua k3S dan staf Kwartir Ranting Karang Tengah serta tamu undangan, dengan jumlah peserta 42 untuk Kursus Mahir Dasar dan 45 peserta untuk Kursus Mahir Orientasi, yang di laksanakan di Gedung Kwarran Karang Tengah,Senin 08/01/2019.

Karena di Kec. Karang Tengah ada, kurang lebih 200 Gudep, dan di Bagi dalam beberapa kelompok dan untuk tahun ini Kwarran Karang Tengah melaksanakan kegiatan kursus mahir dasar (KMD) untuk Pembina Gudep dan kursus mahir orientasi singkat untuk Kepala Sekolah Tingkat SD dan SMP,”Kata Suryana kepada awak media Indonews.

Sambungnya, kenapa perlu kursus mahir dasar dan orientasi singkat karena di kwarran banyak sekali pembina gudep dan mabigus yang belum mengikuti kegiatan kepramukaan ini, karena baru jadi kepsek.

Tujuan di adakan kegiatan ini tiada lain untuk pengembangan kepramukaan di Gudep sebab sekolah-sekolah selama ini kesulitan menemukan para Pembina yang melatih anak didik di sekolah tentang kepramukaan, di karenakan sudah pada pensiun di tambah usia yang tidak mendukung perlu adanya regenerasi baru dan selain itu kepala sekolah harus mampu memberikan dukungan baik secara moral dan moril terhadap pengembangan pramuka di Gudep nya,”Terangnya.

“Harapan semoga kepramukaan di wilayah Karang Tengah lebih baik dan maju sesuai yang di harapkan dan bisa di depan di bandingkan dengan Kwarran lain dan jg mendukung program Kwarcab sebagai juara satu tingkat Provinsi Jawa barat dan mempertahankan juara satu Tingkat Kwarda Jabar Kab cianjur,”Tukasnya.

Sementara itu, Ka Kwarcab kab cianjur mengatakan, “Kwarcab Kab Cianjur berterima kasih kepada Kwarran Karang Tengah melaksanakan kegiatan kursus mahir dasar dan kursus mahir orientasi, Kegiatan ini pelatih dari kwartir cabang gerakan Pramuka Kab Cianjur yang akan di berikan bekal tentang materi Kepramukaan dan Praktek untuk Pembina yang akan melatih anak didik mulai dari siaga sampai penggalang di Gudep masing-masing,”katanya.

Tanpa yang bersangkutan memiliki Sertifikasi sulit untuk mengembangkan Pramuka yang ada di daerah, ada ketentuan khusus dalam mendidik Pramuka yang baik misalnya kurikulum, materinya dan sasaran yang tepat dalam membina anak-anak didik tersebut,”singkatnya.(Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook