Peran Dan Fungsi DPRD Sangat Penting Dan Bersinergi Dalam Pesta Demokrasi Perangi Hoax

Peran Dan Fungsi DPRD Sangat Penting Dan Bersinergi Dalam Pesta Demokrasi Perangi HoaX

Indonews Depok. Ngopi bareng yang dihadiri puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Sekber ini, digelar di kantor Sekber wartawan Depok, Ruko De Arcade Blok A No 10, Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) Kota Depok, Jumat (01/02/2019).

Diketahui acara ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi) Bareng Sekber Wartawan Depok ini mengundang narasumber Ketua DPRD Hendrik Tengke Allo dan Dr Jerry Massie MA Phd Pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI).

Dalam kesempatan itu, Ketua DRPD Kota Depok Hendrik Tengke Allo (HTA) mengatakan, sesama anak bangsa seharusnya bisa bergandeng tangan bersinergi dalam pesta demokrasi di Indonesia. Kita bersama perangi berita hoax

“Bagaimana membangun Indonesia lebih baik maka Peran dan Fungsi DPRD dalam demokrasi Pemilu 2019 yang Damai ini sangat penting” kata HTA

Selain itu, kata dia, peran media sebagai pilar keempat juga sangat penting menjadi pilar demokrasi sehingga dapat menciptakan demokrasi yang sehat dan menjadi pemilu yang baik lanjut Hendrik.

Harapannya kerja sama semuanya baik stakeholder maupun media dapat bersinergi dengan baik dan perangi Hoax.

“Intinya menjelang pesta demokrasi kita sebagai anak bangsa harus ciptakan pemilu damai dan bagaimana membuat suasana khususnya kota Depok menjadi aman dan damai,” papar Hendrik.

Sementara itu, Jerry Massie Pengamat Politik dari Indonesian Public institute (IPI), mengatakan, Pentingnya Peran dan Fungsi DPRD Dalam Demokrasi Pemilu 2019 yang Damai sangatlah dibutuhkan .

Menurut Jerry, koordinasi, pendekatan persuasif antara lembaga legislatif DPRD dengan media, masyarakat bahkan eksekutif dan yudikatif jika ada pelanggaran dalam Pemilu sangatlah penting.

“Karena tanpa sosialisasi dan koordinasi maka tidak akan menciptakan Pemilu yang berintegritas, bermartabat, kondusif dan berkualitas,”Ujarnya..

Dikatakan Jerry,, Fungsi hanya legislasi, controlling dan budgeting atau penganggaran jadi mekanisme serta job description berbeda.

“Jadi fungsi pengawasan Pemilu di Bawaslu jika ada kerawanan pileg dan pilpres. DPRD hanya mengingatkan kepada publik untuk mensukseskan demokrasi untuk memilih jangan golput atau undiceded voters.”ujar Jerry.

Selain itu Jerry mengatakan bahwa peranan media juga begitu penting, terutama dalam ajang pesta demokrasi atau pemilu, seperti sekarang ini. Karenanya, tak bisa dipungkiri bahwa media adalah bagian penting dalam demokrasi.

“Bahkan, media merupakan salah satu pilar demokrasi,” paparnya

Di ajang pilpres 2019 ini, media menjadi salah satu faktor penting, bahkan menang dan kalah itu bisa ditentukan oleh media. Tutup Jerry.
(Adenopiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook