Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA

Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA

Indonews Cianjur. Upaya pemberian tablet tambah darah ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Hal ini disebakan karena kurangnya supply oksigen dan makanan ke janin selama masa kehamilan.

Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka UPTD. Puskesmas Warung Kondang memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri di tingkat SMP/MTS dan SMA /SMK /MA Sekecamatan Warung Kondang.

Kepala UPTD Puskesmas Warung Kondang Dr. Cecep Willy Budiman, mengatakan, pemberian TTD dan sosialisasi anemia ke sekolah khususnya SMP, SMA/ SMK merupakan langkah preventif agar dampak buruk yang ditimbulkan anemia tidak menyasar pada remaja putri. Menurutnya, remaja putri suatu saat akan menjadi ibu dan butuh kekuatan fisik yang prima agar generasi yang akan datang menjadi generasi yang unggul.

“Anemia pada ibu bisa menyebabkan banyak hal seperti kematian ibu saat melahirkan dan bisa jadi si anak menjadi kekurangan gizi,” kata Cecep, Senin 11/02/2019.

Jadi, lanjut Cecep, mulai bulan Maret kita laksanakan pembagian tablet tambah darah bagi remaja putri selama 52 Minggu kedepannya dan sudah ada kesepakatan bersama bahwa komitmen ini akan berjalan di bulan Maret dan nanti akan ada pantauan serta akan di bentuk Duta amenia. Yang nantinya ada pelaporan rutin setiap bulan dari pihak sekolah ke petugas kesehatan.

“Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan.

Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri di Sekecamatan Warung Kondang menjadi remaja yang lebih sehat,” Bebernya.

Kegiatan ini di ikuti 29 Sekolah Sekecamatan Warung Kondang di harapkan program ini bisa terlaksana dengan baik lancar sesuai yang di harapkan ada kerjasama antar lintas program dan lintas sektor bisa mendukung kegiatan ini supaya berjalan dengan baik dan tidak ada lagi amenia bagi remaja putri, kegiatan ini di hadiri oleh Camat Warung Kondang, Candra Dwi K, Kepala Puskesmas dan Staf Puskesmas.(Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook