KUA Karang Tengah Gelar Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin

KUA Karang Tengah Gelar Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin

Indonews Cianjur. Bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) merupakan salah satu program yang digiatkan pada jajaran Kantor Kementerian Agama Kab. Cianjur melalui KUA-KUA yang ada di Kecamatan Cianjur.

Tujuan Bimbingan Perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi. Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh,  karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga.

Kepala KUA Karang Tengah, Iwan Sihabudin, saat ditemui di Kantornya, mengatakan, “ini adalah program pemerintah, bagi calon pengantin wajib mengikuti bimbingan perkawinan untuk pembekalan dalam mengwujudkan membina rumah tangga sakinah wa madah wa Rohmah dan menekan angka perceraian yang ada di wilayah Kec Karang Tengah dan meningkatkan sumber daya pengantin,” katanya Rabu 13/02/2019.

Adapun Materi yang di berikan, sambung Iwan, yaitu :
1. kebijakan bimbingan perkawinan
2. Pengenalan dan kontak belajar
3. Persiapan keluarga sakinah
4. Membangun hubungan dalam keluarga
5. Memenuhi kebutuhan keluarga
6. Menjaga kesehatan reproduksi keluarga
7. Mempersiapkan generasi berkualitas
8. Refleksi dan evaluasi, “tutupnya.

Pelaksanan bimbingan perkawinan di ikuti sebanyak 26 orang calon pengantin di laksanakan di aula KUA kec karang Tengah, Sebagai Narasumber atau Fasilitator adalah Asep taofik R , Shi.mh, Hj Ela Nurlela Sag, dan Ikmal Hafifi Shi.(Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook