SDN Limbangan Sari : Pencak Silat Warisan Leluhur Yang Harus Dilestarikan

SDN Limbangan Sari : Pencak Silat Warisan Leluhur Yang Harus Dilestarikan

Indonews Cianjur.  Ditengah keaneka ragaman yang kita temui, Negara kita juga kaya akan keaneka ragaman baik hayati adat istiadat dan juga seni budaya. Salah satu yang ada di dalamnya adalah seni budaya pencak silat dengan berbagai keunikan di dalamnya.

Tujuan yang disertai harapan-harapan luhur bagi terbentuknya sebuah pelestarian nilai-nilai budaya nusantara sangat lah di perlukan, seperti laju perkembangan salah satu olah raga ini yang mengandung banyak nilai-nilai budaya bangsa. 

Seperti halnya yang diadakan oleh SDN Limbangan Sari Kecamatan Cianjur Kota, “Pendidikan merupakan wadah untuk mengembangkan bakat anak didik SDN Limbangan sari membina dalam bidang ekstrakulikuler olah raga Penca silat dan kami dari sekolah mendatangkan pelatih penca silat dari perguruan medal sari Penca silat asli Cianjur untuk mendidik dan membina anak didik SDN Limbangan Sari, kata Kepala Sekolah Engkos Koswara kepada awak media, Rabu 13/02/2019.

“Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk dapat mencetak atlet sejak usia dini sekaligus sebagai pembinaan karakter bagi anak sekolah, pencak silat adalah olah raga bela diri berbasis budaya, maka bela diri tersebut sangat cocok dikembangkan di Kota Cianjur dan lebih merakyat,” tuturnya.

Sementara itu pelatih Penca Silat Mainfo Perguruan Medal Sari kang Andi Narindo, menjelaskan, Penca Silat Mainfo Perguruan Medal Sari adalah asli Cianjur sesuai dengan pilar Kebudayaan yang di canangkan oleh pemerintah Cianjur.

” Pencak Silat warisan luluhur yang harus di jaga dan di lestarikan karena itu perguruan medal sari melatih teknik seni penca silat yang di terapkan dan di berikan pembekalan supaya anak bisa membentengi dirinya dari tindakan negatif membentuk karakter yang kuat kedisplinan kemandirian berakhlak baik dan bertanggung jawab karena itu harus di bina sejak dini,” jelasnya.

“Mohon dukungan semua pihak agar saya dapat melaksanakan tugas untuk memajukan olahraga pencak silat di Kota Cianjur dengan baik,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap Hari Rabu dari mulai kelas 3 sampai kelas 6 dengan jumlah anak 200 siswa yang mengikuti penca silat.(Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook