Ratusan Guru Mendapat Pembinaan Implementasi Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Pendidikan Dasar

Ratusan Guru Mendapat Pembinaan Implementasi Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Pendidikan Dasar

Indonews Cianjur. Ratusan guru dan kepala Sekolah Dasar (SD) dari Kecamatan Cilaku mengikuti pembinaan implementasi standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cianjur di aula Gedung PGRI Kecamatan Cilaku Rabu (27/2).

Ka kordik Kec Cilaku, Muhamad Tatang Wahyu S.Pd, Mm, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan sebagai salah satu strategi pemerintah pusat, maupun daerah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan layanan pendidikan dasar.

” Kegiatan ini adalah pembinaan implementasi standar pelayanan minimal ( SPM ) pendidikan dasar tingkat kabupaten Cianjur yang di laksanakan di kordik Cilaku di buka oleh kadis pendidikan dan kebudayaan kab Cianjur,” katanya.

Pesertanya adalah kordik Cilaku dan Kordik cibeber dimana masing masing kordik melibatkan perserta dari unsur pengawas baik pengawas TK SD penilik dan kepala sekolah di lingkungan dua kordik

Dimana persertanya untuk kordik Cilaku sebanyak 66 orang dan untuk Cibeber sebanyak 75 orang dan kegiatan ini di laksanakan di aula gedung PGRI Cilaku sebagai narasumber adalah Kabid SD,Kabid kesiswaan, Kabid sarana dan prasarana, Kabid kedisiplinan BKPPD, kasubag umum dan kepegawaian yang memberikan materi pembinaan implementasi standar pelayanan minimal (SPM).

Lebih jauh Tatang menjelaskan, kebijakan implememntasi SPM pendidikan dasar diestimasikan mampu mendorong pemerintah daerah (Pemda) maupun satuan pendidikan untuk meningkatkan secara bertahap. Agar program tersebut bisa berjalan efektif dan peningkatan kualitas pendidikan segera terwujud.

“Sebagai implementasi bagaimana pelayanan dasar Disdikbud Kabupaten Cianjur, bagaimana dasar pelayanan satuan pendidikan sesuai dengan fungsinya bahwa perangkat pendidikan ada pengawas, penilik, dan ada para kepala sekolah, dan itu semua tenaga kependidikan,” jelasnya.

Dengan pembinaan implementasi SPM pendidikan dasar, diharapkan ada peningkatan kualitas pendidikan melalui kualitas pelayanan pendidikan yang dilakukan oleh satuan pendidikan, sebagaimana kemampuan dan kopetensi. Kepala sekolah adalah kopetensi managerial, kompetensi supervisi dan kompetisi kewirausahaan, serta pengawasan.

“Bagi penilik, adanya kegiatan ini ada sinergitas antara pekerjaan yang harus dilakukan oleh pengawas, dan yang dilakukan oleh kepala sekolah sama-sama memaklumi, dan sama sama mengerti dengan tugas-tugas yang harus dilakukan masing-masing,” katanya.

Kegiatan ini diharapkan mmpu mendorong satuan pendidikan khususnya, juga untuk meningkatkan diri secara bertahap, agar proses pelayanan terhadap orangtua siswa dan peserta didik dapat berjalan efektif, dan peningkatan kualitas paling utama dalam pendidikan bisa segera terwujud. 

Acara ini di hadiri Kadis, Sekdis, Kabid SD, Kabid Kesiswaan, Kabid kedisiplinan BKPPD, Kasubag Umum dan Kepegawaian, pengawas, Penilik, Ketua PGRI, Kordik, k3S dan Kepala sekolah.(Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook