Masih Gelap, Kampung Cirengrang Sukabumi Andalkan Tenaga Surya

Indonews Sukabumi – Kampung Cirengrang, Desa Rambay, Kecamatan Tegal Buleud, Sukabumi, Jawa Barat masih gelap karena belum teraliri listrik.

Kampung tersebut berada di pelosok atau sekitar 20 kilometer dari Kantor Desa Rambay. Bahkan, untuk menuju ke kampung dengan jumlah 73 Kepala Keluarga (KK) tersebut harus melalui jalan tanah dan terjal.

Selama ini, warga Kampung Cirengrang mengandalkan listrik tenaga surya yang hanya bisa untuk lampu saja.
Kaur Kesejahteraan Desa Rambay Samhudin menjelaskan, warga sangat berharap Kampung Cirengrang teraliri listrik agar memudahkan untuk beraktivitas. Menurut dia, saat ini baru ada tiang listrik saja.

“Untuk tiang sudah terpasang tinggal pemasangan kabel,mudah mudahan 2019 sudah menyala,” kata Samhudin kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (11/5/2019).

Untuk jalan, Samhudin mengatakan, pihak desa sudah merencanakan pembangun pada tahun 2020 untuk jalan penghubung Kampung Cibereum dengan Kampung Cirengreng tersebut baik melalui anggaran dana desa maupun program dari dinas diantaranya Dinas Pertanian. Sebab jalan tersebut merupakan akses pertanian.

“Karena memang jalan tersebut adalah akses utama baik perekonomian dan pertanian. Makanya kami sudah mengajukan permohonan untuk jalan pertanian kepada Dinas pertanian,” jelasnya.

Warga Kampung Cirengreang RT 03/06, Muhammad Taufik, mengatakan, jalan menuju kampung Cirengrang sebenarnya ada dua, melalui Kampung Cimanggu dan Kampung Cibeureum. Namun untuk Cimanggu terlalu ekstrim dan banyak melewati sungai kecil, maka yang dipakai selama ini yaitu melalui Kampung Cibeureum.

“Kondisi sekarang rusak parah, apalagi selama ini diguyur hujan, jalan berlumpur cukup dalam motor pun susah untuk lewat. Kami beberapa kali kerja bakti bersama pihak desa tapi kembali rusak karena aliran air mengalir ke jalan,” singkat Taufik. (Aang)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook