Tambang Emas Longsor, 20 Tertimbun, 5 Orang Tewas

INDONEWS KABUPATEN BOGOR – Sebanyak 20 orang tertimbun dan 5 orang tewas dalam peristiwa tanah longsor terjadi di lokasi penambangan emas rakyat, di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/5/2019) dini hari.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat pesan tertulis menyebutkan, struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor. “Puluhan penambang tertimbun dalam peristiwa longsor ini,” katanya, Selasa (14/5/2019).
Ketika ditanya jumlah pasti penambang yang tertimbun, Sutopo mengaku belum mengetahui secara rinci. Namun, kata dia, menurut informasi warga selamat, terdapat 20 orang penambang yang masih tertimbun.
“Kami belum dapat data pasti jumlah penambang, namun beberapa warga yang selamat mengatakan sekitar 20 orang penambang,” ucapnya.
Dari hasil pencarian sementara, tim gabungan berhasil menemukan delapan korban. Lima di antaranya meninggal dunia dan tiga orang selamat.
“Jumlah korban untuk sementara, 5 orang meninggal dunia tanpa identitas telah ditemukan hingga siang tadi, 3 orang selamat atas nama Uus (35), warga Desa Bantar Karet; Dede (30), warga Desa Cisarua, dan Dika (24), warga Desa Cisarua,” katanya.
Kendala di lapangan, ungkap Sutopo, tim SAR mengalami kesulitan karena Lokasi longsor yang sangat curam dan berada di kaki gunung. “Pencarian dihentikan saat ini dan dilanjut esok hari,” kata dia.
Sutopo menyebut masih ada puluhan orang warga diduga tertimbun longsor tambang emas rakyat di Gunung Pongkor, Dan kini, baru lima orang korban meninggal dunia yang berhasil dievakuasi.
“Tidak ada data pasti jumlah penambang, namun beberapa warga yang selamat mengatakan sekitar 20 orang penambang (yang tertimbun),” katanya. (Trisno)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook