Pelakunya ABG, Tersangka Perang Sarung Ditangkap Aparat Polres Sukabumi

INDONEWS, SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota, Polda Jabar menetapkan dua orang anak baru gede alias ABG sebagai tersangka dalam peristiwa perang sarung atau samping, Kamis (16/5/2019).

Perang sarung dilakukan seperti tawuran pada umumnya, namun senjata yang digunakan bahkan benda keras seperti batu dengan dibalut sarung atau samping. Sebenarnya, perang sarung menjadi atensi, agar tidak menimbulkan korban.

Aksi tersebut menyebabkan sejumlah orang mengalami luka-luka dan meresahkan warga.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo membenarkan, kedua tersangka yang diamankan merupakan remaja, yakni RA (17 tahun) dan dan MR (17), warga Kampung Cijangkar, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

“Motif perang sarung ini dipicu persaingan antar kelompok, di samping itu sebagai bentuk aktualisasi kelompok mereka, agar terlihat lebih hebat dibandingkan lainnya,” jelasnya.

Dikatakan, Polres Sukabumi Kota telah melaksanakan operasi suci Ramadhan di 15 titik dan menggagalkan berbagai aksi tawuran, baik antar-kelompok, antar RW ataupun antar kampung.

“Adapun tersangka yang diamankan, atas perbuatannya, dijerat dengan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Jeratan pasal ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76 C, Pasal 80ayat 1 dan ayat 2, dan atau Pasal 170 KUHPidana,” pungkasnya. (Aang K. Sutisna)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook