Junnah: Dana Desa Program Nawacita Dirasakan Langsung Masyarakat

Pembangunan jalan di Desa Cibodas, Kec. Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. (foto: Dok. Iyan)

INDONEWS, SUKABUMI – Pemanfaatan Dana Desa yang bergulir sejak tahun 2015 sebagai implementasi UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP No.60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN menyajikan fakta tak terbantahkan. Yaitu pembangunan Indonesia bergerak serentak dari Sabang hingga Merauke dan dari Sangihe sampai Pulau Rote.
Hal tersebut pernah diungkapkan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) beberapa waktu lalu.
Kali ini, pernyataan senada dilontarkan Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Junnah Jajah N. S.Pd. Menurutnya, dari 9 program Nawacita Presiden Joko Widodo, program Dana Desa menjadi program yang paling dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya warga Cibodas.
“Tingkat kepuasan publik atau masyarakat terhadap dana desa sangat tinggi. Di Desa Cibodas sendiri, dana desa sangat membantu pembangunan hingga meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat,” ujarnya saat ditemui Indonews, Senin 27 Mei 2019.
Ia menjelaskan, Desa Cibodas tengah melaksakan kegiatan infrastuktur dari dana desa tahap 2, dengan anggaran Rp 500 juta.
“Pembangunan infrastruktur ini sepanjang 2 kilo meter, termasuk akses masuk jalan desa di Kampung Tegal RT 10/3. Selain itu, anggaran juga digunakan pembangunan jalan penghubung desa. Kami selalu berupaya transparan dalam pengalokasian dana desa sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pemerintah pusat,” ungkap Junnah seraya berharap jalan kabupaten juga turut dipercepat pelaksanaannya.
Sedangkan untuk tim pelaksana kegiatan (TPK) pembangunan, Kades Junnah mempercayakan kepada Kepala Dusun, Tedy.
Tedy mengatakan dengan adanya pengaspalan ini, jalan penghubung desa lebih nyaman dan manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat, khususnya yang berada di Kampung Tegal.
“Tentunya dengan kondisi jalan yang baik, masyarakat bisa lebih nyaman dan aman saat menggunakan infrastruktur ini. Dengan Dana Desa, masyarakat lebih sejahtera, semoga,” tandas Tedy. (Iyan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook