Manjakan Pemudik, Pemkot Tangerang Percepat Perbaikan Jalan

INDONEWS, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang terus memberikan pelayanan terbaik untuk para pemudik lebaran Idul Fitri 1440 H.

Salah satunya dengan mempercepat penyelesaian perbaikan jalan yang menjadi jalur angkutan mudik di sejumlah ruas jalan di Kota Tangerang yang masih mengalami kerusakan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memastikan pihaknya sudah mendata kondisi jalan nasional, provinsi, maupun jalan-jalan dalam kota.

“Ada yang sedang dan sudah diperbaiki untuk kondisi jalannya. Bahkan ada juga yang sudah rusak lagi walaupun sudah diperbaiki,” kata Arief di kantornya, Kawasan Puspemkot Tangerang Selasa, (28/5/2019) seperti diberitakan tribunnews.com.

Namun demikian, jalan-jalan di wilayah Kota Tangerang umumnya sudah siap dilalui kendaraan selama masa mudik Lebaran.

“Kendaraan roda dua biasanya melintasi Jalan Daan Mogot, Merdeka dan Gatot Subroto. Sementara kendaraan roda empat melintasi jalan tol,” kata Arief.

Ia mengaku sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait akses jalan protokol ataupun nasional.

“Kita koordinasi kaitan jalur akses jalan protokol, nasional, provinsi dan kota, yang rusak berlubang untuk terus diperbaiki,” ujar Arief.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang juga memastikan kondisi jalan protokol di sejumlah titik dalam kondisi baik dan sekarang bagian-bagian yang berlubang akibat hujan sedang diperbaiki.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Tangerang Decky P. Koesrindartono mengatakan 85 persen jalan protokol dalam keadaan laik digunakan.

“Jalan yang rusak seperti berlubang, langsung segera diperbaiki petugas, sedangkan yang kategori rusak berat akan ditangani dalam program kegiatan lanjutan,” kata Decky.

Selain perbaikan jalur mudik, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang juga melakukan pemeriksaan kendaraan (ramp check) yang berlokasi di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Dalam pemeriksaan kendaraan ini, setidaknya ada 20 personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang turut serta dalam pemeriksaan, Selasa (28/5/2019).

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kota Tangerang, Andika Nugraha menerangkan, pengecekan kendaraan untuk memberikan keselamatan bagi pengguna jasa angkutan darat yang hendak mudik lebaran.

“Semua komponen kendaraan kita cek semua mulai dari rem, kondisi ban. Dan, yang paling dominan ditemukan adalah masalah lampu,” kata Andika.

Andika menambahkan, ketika ditemukan ada lampu yang mati, maka sopir atau pemilik kendaraan langsung menggantinya.

“Apabila tidak diganti, maka kendaraan (bus) tersebut tidak boleh beroperasi. Semoga dalam arus mudik ini tidak ada hambatan dan kendala yang merugikan masyarakat,” pungkasnya. (Ricky Munier)

Sumber: tribunnews.com

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook