Bendera Hitam Putih Wali Kota Depok Antar Kegembiraan Pemudik Gratis

INDONEWS, DEPOK – Ribuan pemudik gratis di Depok Jawa Barat tak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat mereka hendak meninggalkan perantauan menuju kampung halaman.

Pagi itu, Kamis (30/5/2019) sang surya yang mulai bergeser dari ufuk timur ke barat mulai menerangi langit halaman Balai Kota Depok yang dijadikan lokasi pemberangkatan mewarnai suasana haru dan menyambut kehadiran sosok pria berbaju abu kombinasi celana hitam dan mengenakan peci yang menghampiri para peserta mudik. Dia adalah Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Seolah menjadi buah tangan, di antara pemudik berebut menghampiri orang nomor satu di Pemerintahan Kota Bogor itu hanya untuk berjabat tangan, dan berswafoto.

“Ya Allah terima kasih. Pak wali terima kasih. Foto ini akan saya tunjukan kepada sanak saudara di kampung, Semarang,” ucap Rustini, salah satu peserta mudik gratis yang diprakarsai Sahabat Idris itu.

Sebelum berangkat, peserta mudik duduk rapi di halaman balai kota untuk menyimak pesan yang disampaikan Mohammad Idris yang sedari tadi nampak terbawa suasana gembira karena tak hentinya menebar senyum.

“Melalui Sabahat Idris, kita ingin berbagi kebahagian buat warga Depok yang mudik ke kampung halamannya secara gratis. Namun demikian, kita berharap dan berdoa agar masyarakat yang mudik selamat sampai tujuan,” kata Idris.

Idris menyebutkan, mudik gratis diikuti 1.085 peserta menggunakan armada sebanyak 20 bus pariwisata dengan tujuan berbagai Kota di Jawa Tengah, diantaranya Solo, Jogyakarta, Klaten, Tegal, Semarang, Wonogiri, dan kota lainnya.

Turut melepas keberangkatan pemudik, Kepala Cabang BJB Depok Ade Muhammad, Ketua Baznas Kota Depok, K.H Encep Hidayat, Kadishub Kota Depok, Dadang Wihana, dan para perwakilan sponsor.

Menurut Idris mudik gratis bertujuan membantu masyarakat yang akan mudik lebaran ke kampung halamannya.

Ia menjelaskan bahwa mudik gratis ini bisa mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas karena pada tahun sebelumnya banyak warga yang mudik menggunakan sepeda motor.

“Secara teknis ke lalulintasan bisa mengurangi resiko kecelakaan dan kepadatan lalu lintas. Paling tidak dari 1085 peserta bisa mengurangi sekitar 700 pemudik yang menggunakan sepeda motor,” ungkapnya.

Idris berharap dengan mudik gratis ini bisa menjadi wasilah media doa buat kesehjateraan Kota Depok.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, sebanyak 50 personil Dishub diterjunkan guna membantu pelaksanaan mudik gratis tahun 2019. Selain itu, seluruh armada mudik juga telah dilakukan pengecekan kelayakan kendaraan di kantor Dishub Kota Depok.

“Armada yang memenuhi kelayakan jalan akan diberikan stiker, pengecekan ini sudah menjadi kebijakan dari pusat. Termasuk pengecekan kesehatan para sopir bus dengan melakukan tes urine. Ada 40 Sopir berikut sopir cadangan,” ucap Dadang.
(Ade Nopiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook