Pemkot Bekasi Sediakan 90 Bus, 54.000 Jiwa Mudik Gratis

INDONEWS, BEKASI,- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyediakan sebanyak 90 untuk warga Kota Bekasi yang ingin mudik bersama dengan tujuan 9 kota, yakni Tegal, Solo, Semarang, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Kebumen dan Purwokerto.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, terdapat 54.000 peserta mudik gratis yang terdaftar hari ini, Sabtu 1 Juni 2018 diberangkatkan secara serentak di garis start Sumareccon Bekasi.

Selain itu, pemberangkatan juga dilaksanakan pada jumat kemarin, di lapangan silang Monumen Nasional Jakarta dan juga di Bogor, Stadion Pakansari serta di kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, mudik gratis secara rutin dilakukan khusus menjelang Idul Fitri. Salah satu tujuannya untuk mengurangi dampak kecelakaan para peserta mudik.

“Pemerintah berkomitmen membantu masyarakat yang akan mudik Lebaran. Ini demi keselamatan, apalagi yang mudik dengan kendaraan bermotor, rentan bahayanya,” ujar Rahmat.

Dikatakan, sampai batas akhir pendaftaran, Kota Bekasi telah menerima data sebanyak 55.395 jiwa yang ikut mudik gratis.

“Saya juga memberi semangat dan meminta para sopir bus agar berhati-hati dan waspada di perjalanan mengingat mengangkut puluhan jiwa yang ingin bertemu keluarga di kampung galamannya pada Idul Fitri nanti,” ucapnya.

Dia berharap, tahun depan jumlah armada bus untuk pemudik bisa mencapai sekitar 500 bus, agar para warga tidak menggunakan secara pribadi kendaraannya, dan meminimalisir beban di jalan serta menekan angka kecelakaan.

“Di Kota Bekasi dari jumlah 2,7 juta jiwa, 40 persen warga atau sekitar 6.000 orang merupakan suku jawa, sehingga dari angka tersebut, warga mendominasi pulang kampung,” jelas Rahmat.

Dia mendoakan agar masyarakat yang mudik selamat sampai tujuan dan selamat saat mudik balik ke Kota Bekasi. (Ade Nopiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook