Hari Ini Tol Cijago Seksi 2 Kukusan-Raya Bogor Dibuka Sementara

Indonews, Bogor,- Pengelola Jalan Cinere-Jagorawi (Tol Cijago), PT Translingkar Kita mengoperasikan sementara (fungsional) Jalan Tol Cijago Seksi 2 Kukusan-Raya Bogor mulai H-2 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Dengan demikian, Tol Cijago Seksi 2 akan dioperasikan sementara mulai hari ini, Senin (3/6/2019).

Pengoperasian sementara Tol Cijago Seksi 2 itu diputuskan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Jumat (31/5/2019), menyusul surat permohonan dari pengelola beberapa hari sebelumnya.

Dirut PT Translingkar Kita Jaya Hilman Muchsin mengatakan, pihaknya mengusulkan pengoperasian sementara Tol Cijago Seksi 2 karena banyaknya permintaan masyarakat.

“Sehubungan dengan banyaknya masukan dari masyarakat dalam rangka kelancaran lalulintas arus mudik dan balik Lebaran 2019 warga Kota Depok, maka kami mengusulkan kepada BPTJ untuk mengoperasikan secara fungsional Tol Cijago Seksi 2 Kukusan-Raya Bogor,” ujar Hilman Muchsin, Minggu (2/6/2019).

Hilman menyampaikan, saat ini jalan Tol Cijago Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) dalam kondisi selesai secara keseluruhan dan siap digunakan.

Berdasarkan keputusan BPTJ, Tol Cijago Seksi 2 dibuka sementara mulai Senin (3/6/2019) pukul 14.00 WIB hingga Senin (10/6/2019) pukul 14.00 WIB, menyusul usulan pengelola Jalan Tol Cijago PT Translingkar Kita Jaya.

Tarif tol

Dalam surat keputusan BPTJ yang ditandatangani oleh Kepala BPTJ Danang Parikesit, turut diputuskan mengenai pengenaan tarif tol pada jalur Fungsional Seksi 2 (Kukusan-Raya Bogor).

Untuk lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2, dan GT Kukusan 2, dengan besaran tarif sesuai tarif pada Seksi 1 yang telah dioperasikan.

Sedangkan untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda menuju arah Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3, dengan besaran tarif sesuai tarif pada Seksi 1 yang telah dioperasikan.

Di sisi lain, GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas dari arah Jalan Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda, tidak difungsikan.

Demikian pula dengan GT Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp), tidak difungsikan.

Hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan tidak dapat dibedakannya asal kendaraan dari arah Jagorawi dan dari arah Margonda.

Sekadar informasi, tarif Tol Cijago Seksi I yang berlaku untuk golongan 1 adalah Rp 4.500, golongan 2 Rp 6.500, golongan 3 Rp 9.000, golongan 4 Rp 11.000, dan golongan 5 RP 13.000.

Aspek keselamatan

Sebagai upaya peningkatan aspek keselamatan bagi pengguna jalan, PT Translingkar Kita Jaya juga diminta untuk melengkapai jalan tol jalur fungsional tersebut dengan pemasangan marka, rambu, reflektor yang memadai serta menempatkan petugas di lapangan selama pengoperasian sementara.

BPTJ juga meminta pengelola untuk menyosialisasikan pengoperasian itu kepada pengguna jalan serta berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak terkait. (Wawan Kurniawan)

Sumber: warta kota

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook