Penampilan Seni Budaya Meriahkan Pelepasan Siswa SDN Sukasarana

Penampilan seni budaya dalam rangka pelepasan siswa kelas 6 SDN Sukasarana

CIANJUR, INDONEWS,- Tak seperti biasanya, pada Selasa 18 Juni 2019 sejumlah siswi SDN Sukasarana, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berdandan cantik dibalut kebaya.
Pakaian yang mereka kenakan, khas Jawa Barat. Di bagian kepala, konde semakin mempercantik penampilan siswi SDN Sukasarana itu. Sementara kaum laki-laki, tak mau kalah mengenakan pakaian serba hitam rapi dengan peci di kepala.
Di barisan paling depan, satu perempuan mengenakan kebaya putih dan laki-laki serba hitam dengan kalung bunga menghiasi.
Ternyata, siswa siswi tersebut dipersiapkan secara khusus untuk melepas kakak kelas mereka (kelas 6) yang telah tuntas menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar.
Nampak, acara pelepasan tersebut dikemas secara meriah, terutama dengan adanya panggung berukuran cukup besar serta penampilan seni budaya oleh siswa SDN Sukasarana.
Kepala SDN Sukasarana, Yayan Nuryana S. Pd saat ditemui Indonews menjelaskan, pelepasan atau biasa disebut samen kali ini terasa spesial mengingat sudah tidak tahun tidak melaksanakan samen.
“Kami sangat gembira dan bangga bisa kembali menyelenggarakan samen setelah tiga tahun tidak melakukannya. Karena itu, terlihat anak dan orang tua begitu antusias menyambut samen,” ungkapnya.
Selain itu, Samen tersebut terasa penuh kekeluargaan karena panitia samen oleh komite sekolah dengan melibatkan orang tua murid dan dihadiri masyarakat sekitar, sedangkan pihak sekolah hanya membantu memfasilitasi tempat dan hal lain yang diperlukan.
“Tahun ini, siswa siswi SDN Sukasarana yang dilepas sebanyak 23 orang. Selanjutnya mereka akan menuruskan ke jenjang SMP,” pungkas Yayan.
Bangga
Sementara itu, Ketua Komite SDN Sukasarana, Baban Subandi mengaku bangga bisa menyelenggarakan samen dengan bekerja sama orang tua siswa.
“Jadi gelaran samen ini sesuai hasil rapat komite dengan orang tua murid pada 5 Mei 2019. Hasil rapat menyepakati untuk melaksanakan samen, karena permintaan orang tua murid juga yang ingin ada hiburan untuk anak-anaknya,” ucapnya.
Selain itu, siswa SDN Sukasarana juga berkeinginan menampilkan kemampuan aneka kreasi yang diajarkan di sekolah, dan bisa disalurkan dalam pentas seni dalam samen ini.
“Seperti yang terlihat tadi, anak-anak sukses menghibur kakak kelasnya, orang tua dan tamu undangan dengan penampilan tari, pencak silat, kosidah atau marawis, dan yang lainnya. Kami sebagai komite merespon keinginan orang tua murid. Sedangkan untuk dana samen diambil dari infak orang tua,” ujar Baban. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook