Aksi Saboba di Acara Perpisahan Siswa MTs Matha’ul Anwar 2 Kota Bogor

KOTA BOGOR, INDONEWS,– Perpisahan siswa kelas 9 MTs Matha’ul Anwar 2 Kota Bogor, Jawa Barat, pada 19 Juni 2019 di halaman Madrasah Ibtidaiyah Matha’ul Anwar dimeriahkan aksi bocah-bocah dari Sanggar Seni Budaya Bogor Batavia.
Penanggung jawab Sanggar Bogor Batavia (Saboba) Agus Eriska Iskandar atau yang akrab di panggil Kang Aguy mengaku bangga anak asuhnya sukses beraksi di acara perpisahan tersebut.
“Anak-anak sukses menggelas aksi di hari yang spesial, di tempat yang special. Apalagi salah satu pengurusnya yaitu Ketua LPM Cibadak M Saeful Ashari S.Thi,” ujar Kang Aguy.
Dikatakan, Saboba pada acara tersebut untuk pertama kalinya mencoba Akulturasi, kolaborasi antara budaya Sunda dan Betawi dilambangkan dengan Ki Lengser dan Palang Pintu.
“Kami tidak berani mengklaim bahwa baru kami yang melakukan akulturasi ini. Tapi bagi kami, ini adalah inovasi yang baru dikeluarkan setelah sebelumnya kami memainkan Palang Pintu Cilik, yang semuanya anggota Palang Pintu dan Hadroh anak di bawah 15 tahun,” ucapnya.
Dalam meramu akulturasi budaya ini, tambah Kang Aguy, Saboba tetap menjaga kewibawaan dan martabat budaya masing -masing. Sehingga formula itu berjalan baik karena telah dipersiapkan jauh-jauh hari.
“Setelah dimatangkan, kita uji cobakan di acara pelepasan siswa siswi kelas 9 Mts Matha’ul Anwar 2 Kota Bogor ini, dan hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Sementara Ketua Bogor Batavia, M. Sobari menambahkan, pada acara kali ini, pihaknya membuat suatu yang berbeda karena perpisahan dianggap istimewa.
“Akulturasi yang kami hadirkan menjadi hal pertama bagi kami yang tentu banyak sekali kekurangan. Dan sadar akan hal ini, kami akan menerima terus kritik dan saran dari pihak manapun untuk perbaikan dan membangun budaya ini semakain dikenal dan disenangi generasi muda,” ujarnya.
Dirinya berharap, sekolah bisa membawa kebudyaan di setiap acara yang dilaksanakan, agar semua murid kenal akan budayanya.
“Saya berterima kasih pada Mts Matha’ul Anwar 2 yang telah memberikan kesempatan pada kami mengenalkan budaya ini kepada para murid. Jaya selalu untuk para wisudawan dan wisudawati juga untuk Mts Matha’ul Anwar 2,” tandasnya.
Sementara M. Syaeful Asyari mewakili Yayasan dan Mts Matha’ul Anwar 2 mengucapkan terima kasih untuk Kang Aguy dan Bogor Batavia yang telah memeriahkan acara pelepasan siswa ini.
“Penampilannya seru, bagus, dan sanggar yang kreatif karena terus berinovasi. Maju terus Bogor Batavia. Jaya Selalu Mts Matha’ul Anwar 2 Kota Bogor. Selain itu ini, bukti kami, Mts Matha’ul Anwar 2 peduli akan perkembangan budaya bangsa sendiri,” tandasnya. [Ano Haryono]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook