Seni Adat Antar Perpisahan Siswa Kelas VI SDN Ciharashas

CIANJUR, INDONEWS,- SDN Ciharashas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggelar pelepasan siswa kelas VI dengan diwarnai pentas seni, Kamis (20/6/2019).
Acara tersebut terasa begitu meriahkan karena siswa-siswi bisa unjuk gigi dengan kreativitas seni yang mengatar kakak kelas mereka yang telah lulus di jenjang SD. Salah satu yang mereka tampilkan ialah seni budaya, upacara adat sunda.
Tak pelak, saat upacara pengantar kepergian siswa kelas VI di SDN Ciharashas digelar, isak tangis mewarnai suasana saat itu. Rasa bangga, bahagia dan haru tercampur aduk di antara siswa, guru maupun orang tua.
Kepala SDN Ciharashas, E. Hasanuddin S.Pd menuturkan, para siswa yang telah lulus diharapkan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP sebagai ilmu tambahan menyongsong masa depan mereka.

“Sementara terkait kreativitas siswa, seperti pentas seni, kami sangat mendukung karena itu merupakan salah satu cara melestarikan budaya, khususnya adat sunda, terlebih Jawa Barat ini dikenal banyak memiliki seni dan budaya,” ujarnya.
Ia pun mengaku bahagia SDN Ciharashas bisa melaksanakan perpisahan dan pelepasan kelas VI dengan meriah serta disambut antusias siswa dan orang tua murid menyaksikan pelepasan siswa kelas VI dengan penuh kebahagiaan dan haru.
“Acara ini bisa terselenggara atas prakasa komite dan orang tua murid. Maka kami sangat berterima kasih kepada pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara ini,” tambahnya.
Hasanuddin menambahkan, tahun ini SDN Ciharashas meluluskan sebanyak 54 siswa dengan nilai baik. “Tahun ini semuanya lulus 100 persen. Kami merasa bangga telah berhasil mendidik mereka dengan segala upaya yang dilakukan. Pada perpisahan ini, kita juga tak bisa menyembunyikan rasa haru,” ujarnya.
Untuk masa mendatang, tambahnya, SDN Ciharashas bakal berusaha meningkat kualitas pendidikan dan mencetak sumber daya manusia yang handal.

“Dengan sarana dan prasarana yang memadai, kita akan berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, khususnya untuk kemajuan SDN Ciharashas,” pungkasnya.
Dari pantauan Indonews di lapangan, kegiatan ini diikuti Kepala Desa Ciharashas Kordik, pengawas bina, tokoh masyarakat, komite dan orang tua. [Arif Lufti]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook