Enam Hari, KUA Warung Kondang Bimbing Calon Haji

CIANJUR, INDONEWS,- Nyaris sepekan, tepatnya selama enam hari, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mematangkan calon jemaah haji dengan bimbingan manasik haji.
Manasik haji dimulai sejak Kamis 20 Juni 2019 kemarin di kantor KUA Kecamatan Warung Kondang. Salah satu tujuannya, agar para calon Jemaah haji tidak kebingungan saat menunaikan rukun islam ke lima tersebut.
Kepala KUA Warung Kondang, Saepudin menyebutkan, dengan bimbingan manasik, diharapkan calon haji bisa mandiri menuju haji mabrul.
“Alhamdulilah KUA Warung Kondang digabung dengan KUA Kec Gekbrong bisa menyelenggarkan bimbingan manasik haji terpadu tingkat kecamatan tahun 2019. Manasik digelar sejak Kamis 20 Juni hingga Kamis 27 Juni 2019. Terhitung enam hari karena minggu tidak dihitung, itu hari libur,” ucapnya.
Menurut Saepudin, manasik haji ini sesuai dengan aturan, bahwa harus melaksanakan kegiatan 6 kali dan per hari selama 4 jam mata pelajaran.
“Peserta yang hadir sesuai dengan undangan, yaitu 94 peserta calon haji dari KUA. Angka itu dari Kecamatan Gekbrong sebanyak 38 calon haji dan untuk KUA Warung Kondang sebanyak 56 calon haji. Kemudian nara sumber pada manasik haji, kami melibatkan pihak MUI dan Kemenag, dengan materi yang sudah ditentukan, baik menyangkut kebijakan penyelenggaran jamah haji maupun unsur bimbingan manasik hajinya,” paparnya.
Materi tentang umroh maupun haji, imbuh Saepudin, nanti akan diakhiri dengan praktek pelaksanan haji dan umroh, dengan dipandu para nara sumber.
“Para peserta, dipastikan mendapatkan layanan sebagaimana yang diharapkan. Bimbingan manasik haji ini dibuka oleh perwakilan Kemenag Kabupaten Cianjur, Rian Pauzi,” pungkasnya.
Pada acara bimbingan ini, turut hadir Camat Gekbrong, kapolsek, koramil, MUI, pihak puskemas, tokoh masyarakat dan staf KUA. [Arif Lufti]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook