Ulang Tahun Ke-58, Jokowi Tetap Sederhana

Joko Widodo. (foto; Ist)


JAKARTA, INDONEWS,- Hari ini, Jumat (21/6/2019), Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun. Usianya genap 58 tahun pada 21 Juni 2019.
Tak pelak, masyarakat bahkan warganet membanjiri media sosial dengan ucapan ulang tahun kepada orang nomor satu di Indonesia itu. Ucapan juga disampaikan oleh PDI Perjuangan melalui keterangan tertulis Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.
“Ibu Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan selamat ulang tahun bagi Presiden Jokowi ke 58,” ujar Hasto, Jumat (21/6/2019).
PDI Perjuangan kata Hasto mendoakan di umur ke 58 tahun, agar Jokowi mendapatkan rahmat kesehatan, panjang umur, dan semangat yang menyala-nyala untuk terus berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara.
Ia juga berharap kepemimpinan Jokowi di periode kedua tidak hanya menyelesaikan berbagai persoalan mendasar guna meningkatkan kesejahteraan, keadilan, dan membangun kebudayaan bangsa. Namun diyakini kata Hasto, akan membawa kemajuan di seluruh lini kehidupan.
“Dalam tanggung jawab Indonesia bagi dunia, maka kami berharap bahwa kepemimpinan beliau juga akan memperkuat semangat membangun persaudaraan dunia,” tuturnya.
Namun tahukan Anda, bahwa hari ulang tahun Jokowi hari ini sangat erat dengan Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Ya, ulang tahun Jokowi pada 21 Juni bertepatan dengan wafatnya Bung Karno. Dalam perspektif, spiritualitas bangsa, hal itu tentunya bukan kebetulan.
Di hari istimewa ini, Jokowi justru tak ingin menggelar pesta. Ia tetap menunjukan sosok kesederahaannya.
Melalui akun Instagramnya, Jokowi memposting foto dirinya mengenakan kemaja batik serta pin berlambang merah putih.
Lanjut Jokowi mengucapkan terima kasih kepada kepada seluruh rakyat dan keluarga tercinta yang sudah memberikan perhatian, doa hingga dukungan.
“Terima kasih untuk segala perhatian, doa, dukungan dan amanah yang tercurah dari seluruh rakyat kepada saya dan keluarga”
“Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur ke hadirat Allah SWT, dan negeri yang menenti kerja bersama kita semua”
“Sekali lagi, terima kasih” tulis Jokowi.
Hingga pukul 11.05, postingan Jokowi disukai 254.636 warganet dan dikomentari 26.961 orang. Kolom komentar postingan yang diposting 26 menit lalu ini dibanjiri ucapan selamat serta harapan bagi Jokowi.
Diketahui, Putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi ini banyak menghabiskan masa kecilnya di Solo, Kota Budaya. Pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas ditempuh di kota kelahirannya.
Lulus SMA, Jokowi melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan UGM. Dia sempat bekerja di salah satu BUMN di Aceh lalu keluar dan menekuni usaha meubel.
Presiden Jokowi memiliki tiga anak, yakni Gibran Rakabumi Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Sementara dua cucu tercinta bernama Jan Ethes dan Sedah Mirah.
Hari ini, merupakan tahun kelimanya Jokowi merayakan ulang tahun dengan status presiden. Di tahun ini pula, Jokowi kembali maju di Pilpres 2019.
Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin dan telah dinyatakan menang oleh KPU RI. Namun pasangan Prabowo-Sandiaga menempuh jalur hukum, mengajukan gugatan ke MK.
Sidang perdana gugatan hasil Pilpres 2019 telah digelar pada 14 Juni 2019 lalu. Sesuai rencana hasil sidang bakal diputuskan 28 Juni 2019.
Makan Tumpeng
Sementara untuk merayakan bertambahnya usia Jokowi tersebut, warga Solo, Jawa Tengah mengadakan tumpengan. Atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan bancaan.
Kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Srikandi Indonesia (KSI) ini diadakan tepat di depan pintu masuk Pasar Gede, Solo. Ada 10 nasi tumpeng yang disiapkan oleh KSI. Nasi berwarna kuning itu ditata rapi berjajar di atas sebuah meja.
Ratusan masyarakat berkumpul di sekeliling nasi tumpeng. Mereka diantaranya pedagang, pengunjung maupun pekerja di sekitar Pasar Gede. Sebelum dilakukan pembagian nasi tumpeng, terlebih dahulu ada pertunjukkan drama.
Drama ini mengisahkan keperkasaan Sinta yang mampu mengalahkan rahwana. Pertunjukan ini dikemas dengan cukup bagus dan dibumbui dengan banyolan. Sehingga, warga pun semakin terhibur dengan adanya pertunjukkan ini.
Usai pertunjukkan, diadakan pembacaan doa oleh tokoh agama. Usai doa dilakukan pembagian nasi tumpeng kepada warga. Ketua KSI, Yanti Rukmana mengungkapkan, kegiatan ini sbagai bentuk rasa syukur dengan bertambahnya usia mantan Wali Kota Solo itu. Yanti berharap, dengan bertambahnya usia Jokowi semakin kuat dalam memimpin negeri.
“Semoga amanah, dan mampu membawa negeri ini menjadi negeri yang maju, aman dama serta sejahtera,” urainya.
Selain itu, Yanti juga beharap persidangan di MK segera selesai dan memutuskan bahwa Jokowi resmi menjadi Presiden kembali. Salah seorang pekerja di Pasar Gede, Sumarti (40) turut menyambut kegiatan ini. Sumarti berharap, ke depan Jokowi bisa semakin dilancarkan semua urusannya.
“Bisa mengayomi rakyat dan semakin bijaksana,” harapnya.
Sementara itu, dari pantauan Suara.com di kediaman Jokowi yang berada di kawasan Sumber Banjarsari tidak terlihat adanya perayaan khusus. Aktifitas di kediaman Jokowi masih sama seperti hari-hari sebelumnya. Sejumlah petugas terlihat berjaga tepat di depan rumah.
Gerbang rumah berwarna coklat masih tertutup rapat. Sementara, sejumlah warga tampak berlalu lalang di depan kediaman. Hal yang sama juga terlihat di kediaman ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo.
Menurut salah seorang penjaga, ibunda Jokowi tengah tidak berada di rumah.
“Sudah tiga hari yang lalu ke Jakarta. Dua hari yang lalu juga ada warga yang datang kesini mau bertemu dengan bu Sudjiatmi, tapi tidak bisa karena sedang ke Jakarta,” terang petugas itu. []
Redaksi Indonews

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook