Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Wisata Edukasi dan Sumber Inspirasi

SUKABUMI, INDONEWS,- Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, mensosialisasikan Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Selasa (25/6/2019), di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.
Hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Drs. Agus Sutoyo, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu, SH.,M.H, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. H. Dudi Fathul Jawad, M.Pd, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Majid Sukarman,M.Pd.
Achmad mengatakan bahwa Perpustakaan Proklamator Bung Karno sangat penting karena memiliki nilai sejarah yang dapat memberikan pembelajaran terbaik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Selain perpustakaan memiliki berbagai fungsi, di antaranya menjadi sumber inspirasi dan informasi. Kita juga mendorong masyarakat agar melakukan wisata edukasi, salah satunya dengan datang ke perpustakaan,” ujarnya.
Sedangkan Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Drs. Agus Sutoyo, M.Si, menjelaskan bahwa Perpustakaan Nasional sejak tahun 2004 telah memiliki Perpustakaan Kepresidenan, yaitu Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Bung Karno yang ada di Blitar dan Perpustakaan Bung Hatta yang berada di Bukit Tinggi.
“Keberadaan Perpustakaan Proklamator Bung Karno, kini telah dilengkapi dengan perpustakaan digital untuk menyesuaikan tuntutan jaman. Perpustakaan digital ini dapat diakses melalui website,” katanya.
Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Sukabumi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi penerus bangsa dalam era reformasi, menggali ide dan pemikiran ajaran serta idealisme Bung Karno sebagai sumber inspirasi, memantapkan kembali nasionalisme indonesia dan untuk mensosialisasikan perpustakaan sebagai sarana dalam mencerdaskan sekaligus melestarikan nasionalisme Indonesia.
Kegiatan ini diisi dengan diskusi dengan narasumber Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Sedangkan moderator, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi. Sementara peserta diskusi terdiri dari perwakilan SKPD dan para pelajar. [R. Iyan M]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook