Wakil Wali Kota Bogor Sanjung Kampung Alpukat

KOTA BOGOR, INDONEWS,- Kampung Alpukat, di Kampung Pabuaran Pasir, RT 03, RW 10, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat cukup berhasil mengundang decak kagum Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim.
Hal itu terlihat ketika Dedie mengunjungi Kampung Alpukat bersama Kepala Dinas Pertanian, aparatur wilayah Kecamatan Bogor Selatan, seperti lurah dan camat, Kamis (27/06/19).

Kekaguman Dedie ditunjukan dengan memberikan pekerjaan rumah (PR) serta intruksi kepada jajaran aparatur wilayah dan Dinas Pertanian untuk ikut andil bagian dalam pengembangan Kampung Tematik ini.

“Bagus sekali. Ini inovasi yang patut diapresiasi,” sanjungnya.

Meski demikian, Dedie meminta jangan puas dulu dengan Kampung Alpukat Saat ini.

“Setelah saya melihat besaran lahan, apalagi lahannya bukan lahan milik kelompok tani dan hanya lahan sewa yang sewaktu-waktu bisa diputus, maka langkah kedepannya kita harus mempersiapkan agribisnis atau agriwisata,” ujarnya.

Menurutnya, jika memilih agriwisatanya suatu saat harus punya lahan sendiri yang memang dikembangkan untuk wisata edukasi, tentang pertanian atau tentang perkebunan atau apapun. “Dinas Pertanian tentunya harus melihat ini,” tambahnya.

Ia mencontohkan di Blitar, dimana satu rumah ada satu pohon belimbing. Contoh tesebut, katanya, juga bisa dilakukan di Kota Bogor, khsusunya di lingkungan Kampung Alpukat.

“Jadi tinggal Dinas Pertanian dan jajaran kewilayahan bekerja sama, bagaimana merumuskan, mengkonsepsikan di tengah keterbatasan-keterbatasan lahan ini,” terangnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan, Atep Budiman mengucapkan terima kasihnya kepada Wakil Wali Kota Dedie Rachim atas dukungan kepada Kelompok Taruna Tani (KTT) Muara Jaya Tani dalam mengembangkan Kawasan Kampung Alpukat.

“Saya memang baru dilantik, namun saya mendengar di sini ada Kampung Alpukat. Pas cek ke lapangan, ini lebih wah dari yang saya bayangkan. Semoga konsep Kampung Alpukat ini bisa memberi manfaat, tidak hanya sekedar berinteraksi dengan alam, tetapi memberi nilai manfaat ekonomi serta memupuk kebersamaan,” ujarnya. [Wawan Kurniawan]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook