Terima Laporan Adanya Manipulasi Admistrasi PPDB, Wali Kota Bogor Sidak Rumah Warga

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke rumah salah satu warga, Jumat (28/6/2019) malam.

KOTA BOGOR, INDONEWS,– Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto melakukan inspeksi mendadak ke rumah salah satu warga. Hal itu dilakukan Bima menyusul laporan warga mengenai indikasi adanya manipulasi administrasi dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada sistem zonasi.
Adapun kediaman warga yang didatangi Bima yaitu di Gang Selot, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat 28 Juni 2019.
Bima tiba di rumah warga tersebut dengan didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor. Mereka langsung memeriksa beberapa berkas untuk memastikan apakah nama yang dituju benar-benar ada dan tinggal di kawasan tersebut.
Alhasil, ada dua nama yang tidak terdaftar di wilayah tersebut alias titipan atau menumpang domisili di kawasan tersebut untuk nantinya masuk ke sekolah terdekat yang sesuai zonasi.
“Sekarang kita ingin telusuri rangkaiannya bagaimana akhirnya alamat itu digunakan. Kita telusuri di Diskdukcapil,” kata Bima Arya kepada wartawan, Jumat malam.
Bima juga menegaskan sistem zonasi pada PPDB harus dievaluasi secara nasional.
“Artinya apa, konsep zonasi lemah. Ketika sistem kependudukan kita belum kokoh. Memang selalu ada oknum. Tapi ini masif terjadi dimana mana,” imbuhnya.
Sebelumnya diberitakan, banyaknya keluhan dari masyarakat soal sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Berhubungan dengan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan menyurati Pemprov Jawa Barat.
“Kita akan menyusun poin-poin tertentu yang menjadi evaluasi selama pelaksanaan PPDB tingkat SMA di Kota Bogor,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarif Hidayat kepada wartawan di ruang rapat Sekda Kota Bogor, Kamis (27/6/2019).
Ade mengatakan alasan dirinya akan menyurati pemerintah Provinsi Jawa Barat karena telah mendengar pola pelaksanaan PPDB dari kepala sekolah tingkat SMA di Kota Bogor. [Ginanjar Dwi Sukma]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook