Muscab X MPC Kabupaten Bogor: Mari Bangkitkan Semangat Nasionalsme

BOGOR, INDONEWS,- Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959.
Nama Pemuda Pancasila sendiri mengacu pada Pancasila, “lima prinsip” resmi dari negara Indonesia. Pemuda Pancasila memainkan peran penting dalam mendukung kudeta militer Suharto pada tahun 1965: mereka menjadi pasukan kematian bagi tentara Indonesia, menewaskan satu juta atau lebih yang dituduh komunis dan Tionghoa-Indonesia di seluruh Provinsi Sumatera Utara, seperti yang dijelaskan dalam film dokumenter Jagal 2012.
Dewasa ini, Pemuda Pancasila semakin menjelma menjadi bagian penting Negara. Ya, pemuda pancasila merupakan salah satu elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mempertahankan dan memperjuangkan Pancasila, yang merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Namun demikian, Pemuda Pancasila tak lantas sombong dengan kebesaran namanya. Ormas ini selalu melakukan inovasi dan terobosan yang diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mereka pun kerap menggelar kegiatan merapatkan barisan agar Pemuda Pancasila tetap kokoh menjaga bumi pertiwi.
Prinsip tersebut pun dipegang erat Musyawarah Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bahkan dalam waktu dekat ini, tepatnya pada Kamis 11 Juli 2019 besok, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) X di Hotel Tjokro Puncak Cisarua-Bogor.
Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, M. Yunus PBA telah meminta seluruh pengurus MPC untuk hadir dalam pelaksanaan Musyawarah Cabang ke-10 Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor.
“Saya mengimbau kepada seluruh pengurus MPC untuk dapat hadir tepat waktu dalam acara pembukaan,” katanya.
Melalui muscab tersebut, Yunus mengajak seluruh pengurus dan anggota Pemuda Pancasila untuk menyatukan hati dan pikiran dengan kasih sayang. Karena Pemuda Pancasila adalah organisasi independen yang tidak membedakan status dan strata sosial, tidak membedakan status ekonomi serta tidak membedakan agama dan kepercayaan.
Ditanya soal misi organisasinya, Yunus dengan lantang menegaskan, bahwa Pemuda Pancasila siap menjadi perekat kebhinekaan dan kemajemukan Bangsa Indonesia.
“Karena Pemuda Pancasila, adalah organisasi yang menjunjung tinggi perbedaan, menjunjung tinggi kebhinekaan dan menjunjung tinggi kemajemukan. Sebab oleh para pendiri bangsa, bahwa Bangsa Indonesia didirikan dengan dasar perbedaan dengan dasar kebhinekaan, namun bisa menjadi satu dengan bingkai 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” paparnya.
Untuk menjaga Bangsa Indonesia agar tetap jaya, jelas Yunus, maka 4 pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI adalah harga mati. Maka dari itu apabila Bangsa Indonesia ada rong-rongan dari manapun datangnya, maka Pemuda Pancasila bersama TNI/Polri siap berada di garda terdepan membela Pancasila.
Dia menambahkan, sesuai peran sejarahnya bahwa Pemuda Pancasila lahir bersama TNI/Polri untuk mengawal dan mengamankan Pancasila. Sekali layar terkembang surut kita berpantang. Pemuda Pancasila siap bersama TNI/Polri dan elemen masarakat lain untuk menjaga tetap tegaknya Pancasila. Karena Pancasila harus abadi selama-lamanya.
Sementara salah satu Pengurus MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, Jonny Sirait mengatakan, akhir-akhir ini Bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang tidak ringan terkait ancaman keutuhan dan ketangguhan bangsa. Kekuatan NKRI tidak saja menghadapi ancaman dari luar tetapi juga munculnya fenomena semakin tergerusnya jiwa nasionalisme yang secara tidak langsung mengoyak rasa persatuan dan kesatuan.
“Maka dari itu, kehadiran Pemuda Pancasila sebagai ormas kepemudaan diharapkan mampu membangkitkan semangat nasionalsme dan rasa cinta tanah air dari para generasi muda. Sehingga seluruh pemuda Indonesia bersama-sama bersatu padu untuk mengaja empat pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sehingga Bangsa Indonesia jaya selama-lamanya,” ujar Jonny.
Ia juga mengaku bangga kepada MPC PP Kabupaten Bogor yang akan menyelenggarakan Muscab X Pemuda Pancasila Bogor.
“Pemuda Pancasila adalah ormas yang menghargai dan menghormati jasa para pahlawan seperti pahlawan proklamator Bung Karno dan Bung Hatta serta pahlawan pembangunan Soeharto. Maka, dalam muscab ini, seluruh anggota Pemuda Pancasila untuk siaga dan tetap menjaga kekompakan karena adanya oknum-oknum yang anti Pancasila. Maka dari itu agar seluruh anggota dan pengurus Pemuda Pancasila untuk terus menjaga keberagaman karena kehadiran Pancasila untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya. [Boni Hermawan]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook