Kelurahan Cikundul, ‘Tuan Rumah’ TMMD Ke-105

SUKABUMI, INDONEWS,– Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun 2019, ditandai dengan upacara pembukaan di Lapangan Cikundul, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, Selasa, 9 Juli 2019.
Upacara ini juga sekaligus menandai dimulainya Pencanangan Program Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu dengan tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahterahan Masyarakat”.
Dalam sambutannya, Fahmi menjelaskan, TMMD ke-105 ini dilaksanakan di Kampung Tegal Panjang RW 02 Kelurahan Cikundul, dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik.
“Kegiatan fisik diantaranya, pengerasan jalan setapak dengan panjang 832 meter dan lebar 3 meter, pembangunan jembatan plat beton sebanyak 2 unit, gorong-gorong, dan Tembok Penahan Tanah dengan panjang 47 meter dan tinggi 2 meter,” terangnya.
Sedangkan kegiatan non fisik, tambah dia, di antaranya penyuluhan dan pelayanan KB, kesehatan, dan narkoba yang bekerja sama dengan BNK Sukabumi, sosialisasi wawasan kebangsaan, dan administrasi kependudukan.
“Kegiatan TMMD ini dimulai sejak tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2019. Adapun dana yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari APBD Propinsi Jawa Barat, APBD Kota Sukabumi, dan hibah masyarakat,” katanya.
Pihaknya mengharapkan, seluruh elemen dapat terlibat dalam TMMD di Kota Sukabumi. Baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri, pengusaha, perbankan dan masyarakat, agar terjalin keharmonisan dalam rangka terwujudnya Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera.
Sementara itu, Komandan Korem 061/Suryakencana, Kolonel Inf. Novi Helmy Prasetya mengungkapkan, TMMD sebagai bentuk pemerataan pembangunan di seluruh pelosok yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. TMMD juga sebagai bentuk silaturahmi dan gotong royong untuk mempercepat pembangunan di segala sektor.
“Pemerataan pembangunan tidak hanya terpusat di kota saja, tapi harus sampai ke daerah terkecil. Bahkan pemilihan lokasi TMMD dilakukan berdasarkan skala prioritas. Diharapkan, selepas kegiatan TMMD ini berakhir, masyarakat dapat memelihara fasilitas-fasilitas yang telah dibuat, dan jika memungkinkan ditingkatkan agar fasilitas tersebut dapat lebih baik lagi,” paparnya. [R. Iyan M]

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook