Republik, Resep Agar PDI Perjuangan Dirasakan Masyarakat

BOGOR, INDONEW,– Ajang pemilu 2019 yang telah lalhu menjadi pertaruhan besar bagi bangsa ini. Karena, dasarnya pemilu merupakan sebuah wadah dalam mewujudkan aspirasi rakyat. Setiap pilihan rakyat itulah yang akan berjuang untuk rakyat. Dalam memilih calon pemimpin haruslah benar-benar cermat karena kesejahteraan Negara berada di tangan penguasa. Wajib bagi rakyat untuk memilih calon penguasa sesuai dengan harapan kita, bukan karena faktor kelompok.

Demikian pula dengan keberadaan partai, harus memberikan manfaat bagi masyarakat bukan malah ‘menjerumuskan’ masyarakat. Meski partai sifatnya kelompok, tetapi jika dimanag dengan baik dan demi kepentingan rakyat, bukan kepentingan kelompok, maka partai tersebut berada di jalur yang benar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, HR Bayu Syahjohan ketika berbincang dengan Indonews, Rabu 17 Juli 2019.

Bayu yang baru saja dipercaya mengkomandoi PDI Perjuangan Kabupaten Bogor ingin merubah paradigma di masyarakat, bahwa kebanyakan partai hanya mementingkan kelompok.

“Itu tidak berlaku di PDI Perjuangan. Partai ini selai berpolitik cerdas, mencerdaskan bangsa juga berupaya agar kehadirannya dapat dirasakan langsung masyarakat,” ungkap Bayu.

Lantas apa resep Bayu agar PDI Perjuangan Kabupaten Bogor bisa dirasakan langsung masyarakat Kabupaten Bogor? Jawabannya adalah ‘Republik’.

“Republik ini kalimat singkat yang memiliki makna besar. Re adalah kembali, dan publik adalah masyarakat. Artinya Republik berarti kembali kepada rakyat. Maka, dengan kata sederhana Republik ini, saya akan membawa PDI Perjuangan kepada rakyat. Untuk rakyat. Semua dikembalikan ke rakyat. PDI Perjuangan adalah untuk rakyat, berpihak pada rakyat,” terangnya.

Dengan begitu, ungkap Bayu, otomatis partai berlambang banteng ini bukan milik kelompok, namun milik rakyat.

“Terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo yang berlayar di perahu PDI Perjuangan adalah bukti nyata bahwa rakyat mencintai partai ini. Maka sudah seyogyanya kita kembali mencintai rakyat dengan keberpihakan kepada rakyat. Jadi segala tindak-tanduk PDI Perjuangan, khususnya di Kabupaten Bogor, harus demi kepentingan rakyat,” kata Bayu.

Lalu, apa salah satu contoh bentuk keberpihakan PDI Perjuangan Kabupaten Bogor terhadap rakyat? Dengan santai Bayu Syahjohan menjawab. Mengawal program presiden.

“Program Presiden Jokowi seluruhnya untuk kebaikan rakyat, bangsa dan Negara ini. Seperti membangun wilayah melalui program dana desa, kemudian bentuk bantuan langsung yang diberikan kepada rakyat melalui sejumlah kartu andalannya. Itu semua kita kawal, apakah sudah benar-benar tepat sasaran dirasakan rakyat atau tidak. Kita nanti akan bantu masyarakat yang merasa tidak mendapatkan haknya atas program Pak Jokowi. Sehingga dengan begitu, PDI Perjuangan berpihak pada rakyat,” ucap pria berperawakan santai itu.

Mencerdaskan

Selain itu, tambah Bayu, PDI Perjuangan adalah partai yang membuka pintu selebar-lebaranya bagi masyarakat yang ingin terjun langsung ke dalamnya.

“Ini adalah upaya kami untuk menambah wawasan masyarakat dalam berpolitik cerdas, misi kita salah satunya mencerdaskan. Sesuai kata Republik tadi, masyarakat bisa terjun langsung bersama PDI Perjuangan. Masyarakat mampu terjun langsung dalam partai politik yang ada, semakin masyarakat aktif semakin maju pula perkembangan paham hukum di antara masyarakat,” jelasnya.

Menurut Bayu, partai politikpun merupakan sebuah wadah dalam menanggapi aspirasi masyarakat. Terbentuknya partai politik merupakan sebuah gagasan beberapa individu yang membentuk kelompok demi terwujudnya cita-cita bersama.

“Namun, tidak jarang kita menemui sebuah permainan uang dalam setiap kampanye. Masyarakat yang berpolitik dengan cerdas bisa menerima uang dari siapapun namun harus di garis bawahi, jika calon penguasa sebelum sah menjadi penguasa sudah berbuat curang, apalagi ketika sudah dihadapkn dengan dunia luas, mau diapakan Negara ini? Lebih baiknya masyarakat tidak menerima apapun dari calon terpilih dan benar-benar memilih yang pantas menjadi penguasa dengan memegang teguh asas pemilu Luberjurdil, yaitu langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil. Pemahaman ini juga akan kita sebar luaskan kepada masyarakat,” sambungnya.

“Berpolitik dengan cerdas merupakan sebuah kunci yang harus dipegang masyarakat demi terwujudnya cita-cita bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook