Didatangi Tim Asesor Jawa Barat, SMPN 1 Cilaku Bertekad Dapat Nilai A

CIANJUR, INDONEWS,– SMPN 1 Cilaku, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kedatangan Tim Asesor Provinsi Jawa Barat, Jumat hingga Sabtu (19 – 20/7/2019).

Kepala SMPN 1 Cilaku, H. Hendar S.Pd., M.Pd mengatakan, tim asesor Provinsi Jawa Barat tersebut teridiri dari Lilis Nurlaela dan Deden Tursidah. Sedangkan kedatangan tim asesor ialah dalam rangka penilaian visitasi akreditasi SMPN 1 Cilaku yang sudah diakreditasi pada tahun 2011.

“Tahun 2011 kami mendapat nilai B. Mudah-mudahan akreditasi tahun 2019 ini kami bisa mendapatkan nilai A. Dengan adanya akreditasi, sekolah berkewajiban menjaga mutu pendidikan, meningkatkan kualitas pendidikan dan mengevaluasi,” katanya.

Hendar menerangkan, evaluasi dimaksud di antaranya manajemen administrasi, sarana dan prasarana. Kemudian sumber daya manusia, seperti tenaga pendidik yang professional, berkualitas dan berkomitmen memajukan serta mewujudkan anak didik berkualitas yang berkarakter, berakhlak mulia, dan berprestasi.

“Di SMPN 1 Cilaku sendiri kami bertekad mewujudkan hal tersebut dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya anak didik harus bisa menjamin sesuai 8 standar nasional pendidikannya. SMPN 1 Cilaku terus berupaya agar bisa lebih baik dan maju. Namun itu semua tidak luput dari dukungan dari semua pihak lintas sektor OPD Kecamatan Cilaku dan masyarakat,” pungkasnya.

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah atau madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah atau madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Kemudian prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam Visitasi Akreditasi Sekolah adalah: Efektif: mampu menjaring informasi yang akurat dan valid sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat bagi semua pihak yang memerlukannya.

Efisien: dibatasi pada hal-hal yang pokok saja, namun cukup memberikan gambaran yang utuh dan terfokus pada substansi yang telah ditetapkan. Objektif: Berdasarkan kenyataan pada sejumlah indikator yang dapat diamati. Mandiri: mendorong sekolah/madrasah melakukan pengisian instrumen akreditasi secara akurat sbg salah satu fungsi pokok manajemen penyelenggaraan sekolah/ madrasah dlm rangka pemberdayaan sekolah/madrasah. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook