Pemkot Bogor Minta Kajian Terlebih Dulu Terkait Wacana Perluasan Wilayah

Foto: Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin

BOGOR, INDONEWS,– Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai menjajaki komunikasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor perihal perluasan wilayah Kota Bogor sekaligus kajian dari bagian pemerintahan Setda Kota Bogor dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor.

Terlebih posisi Kabupaten Bogor sudah memiliki signal positif dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin yang siap berkomunikasi dengan Pemkot Bogor.

Sekda Kota Bogor Ade Syarif Hidayat mengatakan, dirinya segera berkomunikasi dengan Sekda Kabupaten Bogor, Wali Kota Bogor menugaskan dirinya membuat kajian-kajian dengan tim.

“Agar kajian tidak sia-sia, kami komunikasi dengan Pak Burhan, Sekda Kota Bogor. Tadi malam sudah bertemu dengan Bupati Ade Yasin, beliau belum tahu apa-apa. Ini memang wartawan buat isunya begitu saya menjawab,” katanya, Kamis (18/7/2019).

Ade melanjutkan, perluasan wilayah Kota Bogor sejak dahulu sudah diwacanakan, mudah-mudahan seiring pengembangan Kabupaten Bogor wilayah barat juga timur, untuk kotanya bisa disepakati adanya penambahan wilayah.

“Secara regulasi pemerintah, kami belum ada komunikasi yang intens dengan Kabupaten Bogor. Besok lusa kalau sudah ada kajian yang jelas, komunikasi saya dengan pak Burhan akan dilakukan. Jadi jelas apa yang jadi manfaat serta tujuan hingga komunikasi terarah,” tambahnya.

Ade menjelaskan, Wali Kota Bogor meminta bagian pemerintahan dan Bappeda melakukan kajian. Kalau kajiannya tergantung apa yang dibutuhkan, dampak dan hal lainnya. Mau menggunakan pihak ketiga atau tidak, dilihat nanti tapi sudah dianggarkan.

“Oleh kami saja juga bisa. Adanya dukungan dari warga kami belum mengetahui juga. Saya jadwalkan ketemu dengan Sekda Kabupaten Bogor, mudah-mudahan minggu depanlah,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, perihal perluasan wilayah Kota Bogor, yang penting kajiannya terlebih dahulu. Karena dirinya enggan berbicara wilayah mana saja yang bisa dimasukan ke Kota Bogor.

“Ya, yang terpenting kajiannya dahulu. Kajian itu dianggarkan di APBD Perubahan,” tegasnya. (Wawab Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook