SDN Pasirhayam Kedatangan Tim Asesor Provinsi Jawa Barat

CIANJUR, INDONEWS,– SDN Pasrihayam, Cianjur kedatangan tim asesor Provinsi Jawa Barat dalam rangka penilaian visitasi akreditasi di SDN Pasirhayam, Jumat 19 Juli 2019.

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah atau madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah atau madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Kemudian prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam Visitasi Akreditasi Sekolah adalah: Efektif: mampu menjaring informasi yang akurat dan valid sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat bagi semua pihak yang memerlukannya.

Efisien: dibatasi pada hal-hal yang pokok saja, namun cukup memberikan gambaran yang utuh dan terfokus pada substansi yang telah ditetapkan. Objektif: Berdasarkan kenyataan pada sejumlah indikator yang dapat diamati. Mandiri: mendorong sekolah/madrasah melakukan pengisian instrumen akreditasi secara akurat sbg salah satu fungsi pokok manajemen penyelenggaraan sekolah/ madrasah dlm rangka pemberdayaan sekolah/madrasah .

Kepala SDN Pasirhayam Dedeh Juariah S.Pd mengaku pihaknya gembira telah kedatangan tamu istimewa tim asesor Jawa Barat yang dipimpin Maryadi S.Pd dan Ngatijan S.Pd. M.Pd dalam rangka penilaian visitasi akreditasi di SDN Pasirhayam.

“Penilaian ini, di mana sekolah harus menjaga mutu pendidikan yang berkualitas dan berprestasi, sistem pengelolaan manajemen yang baik serta sarana prasarana sumber daya manusianya terpenuhi. Lalu tenaga pengajar yang profesional bisa memajukan SDN Pasirhayam dengan acuan 8 standar nasional pendidikan,” terangnya.

Selain itu, tambah Dedeh, perserta didik juga harus berkarakter, berakhlak mulia, berilmu, berbudaya, berkomitmen memajukan sekolah ke arah lebih baik.

“Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak. Di antaranya lintas sektor, yaitu desa, puskesmas, kecamatan, kordik, kepolisian, babinsa, masyarakat dan OPD lainnya,” tegasnya.

Pantauan Indonews, acara tersebut dihadiri juga pihak kordik, pengawas bina, komite, dan guru. “Semoga SDN Pasirhayam ke depannya lebih maju dan sukses dalam mendidik peserta didik berkualitas dan berprestasi,” pungkas Dedeh.

Jaga Kualitas

Sementara itu, tim asesor Maryadi S.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah yang sudah direncanakan setiap empat tahun sekali, bahwa sekolah itu harus diakreditasi untuk menjaga kualitas pendidikan, dan sekolah harus bisa menjamin dalam hal pelayanan kepada masyarakat, khususnya peserta didik harus bisa menjamin 8 standar nasional pendidikannya, mulai dari standar isi, kurikulum, hingga pengelolaan.

”Jadi sekolah berkewajiban menjaga mutu pendidikan. Setelah fungsinya diakreditasi, kami ditugasi sebagai asesor untuk melakukan verifikasi, validasi, dan konfirmasi untuk melihat ajuan evaluasi sekolah yang diajukan kepada BAN,” tandasnya. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook