Perkuat Sinergitas, Karang Taruna Sumedang Selatan Gelar Kopdar

SUMEDANG, INDONEWS,– Untuk memperkuat sinergitas dan menjalin silaturahmi, keluarga besar Karang Taruna Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang menggelar kopi darat alias kopdar, Minggu 21 Juli 2019.

Pertemuan itu dilaksanakan di di halaman Kantor Desa Margalaksana, Sumedang Selatan dengan dihadiri Andre Y. Muchtar, SE (Kepala Desa Margalaksana sekaligus Sekjen Karang Taruna Kabupaten Sumedang, Iyan Riana Machyar (Ketua Karang Taruna Kec. Sumedang Selatan dan seluruh ketua karang taruna tiap desa dan kelurahan se Kec. Sumedang Selatan beserta anggotanya.

Andre Y. Muchtar mengungkapkan, pertemuan dalam jalinan mempererat silaturahmi dan memperkuat sinergitas ini harus dijadikan momen peningkatan fungsi karang taruna di tiap wilayah serta menyatukan misi karang taruna agar lebih baik lagi.

Dalam pidatonya itu, Andre juga menyampaikan salam hormat kepada seluruh kepala desa dan menegaskan kepada karang taruna untuk memastikan kepada kepala desa bahwa karang taruna bukan musuh kepala desa, tapi mitra.

“Kemudian, program regulasi dari pemerintah pusat dan daerah itu ada anggarannya, maka tidak ada alasan lagi pihak desa tidak menganggarkannya. Meski begitu, ada catatan, adik-adik karang taruna harus ikut berbaur di dalamnya. Ayo selalu semangat untuk ikut serta membangun desa,” paparnya.

Andre juga menyampaikan tentang program pemerintah, seperti pembuatan jalan dari Haur Gombong sampai Citengah dengan panjang mencapai 23.3 kilometer yang melewati Cimarias, Cinangerang, Mekar Rahayu, Margalaksana, Cipancar, Citengah hingga Desa Baginda dari anggaran dana desa.

“Dalam program pembangunan ini, karang taruna juga harus ikut terlibat,” ujarnya.

Ada yang unik dalam pidato Andre, seraya tertawa dia mengungkapkan rasa tertarik dan suka dengan yel-yel karang taruna yang dipimpin Kang Ivan atau karib disapa Ivox Ongah yang tak pernah bosan membangkitkan semangat karang taruna. “Suasana ini akan saya sampaikan saat rapat tingkat kabupaten nanti,” pungkas Andre.

Sementara Ketua Karang Taruna Kecamatan Sumedang Selatan, Iyan Riana Machyar juga berpesan kepada setiap ketua maupun anggota karang taruna agar dalam berorganisasi harus lurus, dan jangan malu untuk meniru.
“Lebih baik meniru dari pada menciptakan tetapi belum mampuh. Karang taruna ini sebagai pembelajaran, kita itu bermitra dengan desa dan pembina karang taruna itu kepala desa,” pesannya.
Iyan menegaskan, karang taruna harus tetap semangat, kompak dan bekerja sama untuk membangun desa. (Irex)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook