Ini Pembahasan dalam Pertemuan Pertama di Saung Penyuluhan Pertanian

BOGOR, INDONEWS,– Kerja keras Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kota Bogor dalam membangun Saung Penyuluhan Pertanian secara swadaya telah membuahkan hasil. Kini saung tersebut telah rampung dibangun dan bisa dinikmati.

Kepala Bidang Penyuluhan, Dian Herdriawan mengatakan, Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL merupakan petugas dari Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) kabupaten/kota yang diperbantukan untuk memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan di bidang pertanian dengan basis administrasi kecamatan.

“Sebelum membina, PPL perlu melakukan pendekatan dengan memahami kemampuan kelompok maupun perorangan agar materi yang disampaikan kepada petani dapat dicerna dengan baik oleh petani. Selanjutnya diadopsi dengan baik agar petani senantiasa meningkatkan efisiensi usaha pertaniannya. PPL juga dibekali kemampuan meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sebagai pengajar,” terangnya.

Dengan demikian, imbuh Dian, sarana dan prasarana seperti saung penyuluhan pertanian keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kelancaran tugas dan fungsi PPL.

“Saya pun dan para kepala seksi (kasi) mengapresiasi inisiatif PPL Kota Bogor yang secara swadaya membangun saung penyuluhan pertanian. Ini merupakan langkah konkrit PPL Kota Bogor dalam dunia pertanian,”tuturnya.

Dengan adanya sarana saung untuk pertemuan itu, Dian berharap penyuluh pertanian Kota Bogor bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“PPL sedikitnya mempunyai tiga peranan: sebagai pendidik, memberikan pengetahuan atau cara-cara baru dalam budidaya tanaman agar petani lebih terarah dalam usahataninya, meningkatkan hasil dan mengatasi kegagalan-kegagalan dalam usaha taninya. Berperan sebagai pemimpin, yang dapat membimbing dan memotivasi petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerjanya agar timbul keterbukaan dan mau menerima cara-cara bertani baru yang lebih berdaya guna dan berhasil, sehingga tingkat hidupnya lebih sejahtera. Dan berperan sebagai penasihat, yang dapat melayani, memberikan petunjuk-petunjuk dan membantu para petani baik dalam bentuk peragaan atau contoh-contoh kerja dalam usahatani memecahkan segala masalah yang dihadapi. Semoha PPL Kota Bogor bisa menjalankan peran tersebut dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rapat pertama di Saung Penyuluhan Pertanian di Kantor Distani Kota Bogor, jalan Cipaku, Blok Mekar nomor 5 Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan membahas soal lomba tangkas terampil kinerja penyuluh pertanian dalam rangka HUT RI ke 74 , serta rangkaian kegiatan 17 Agustusan tahun 2019 lainnya.

Adapun pengarah di kelompok penanggung jawab lomba penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan antara lain:

1. Lomba demplot pembibitan & lomba ketangkasan penggunaan alsintan. Penanggung jawab (PJ): Iman Santoso, SP (penyuluh tingkat madya) dan Pengarah: Ayub (Kasi Kelembagaan).

2. Lomba demplot budidaya padi & lomba ketangkasan teknologi perbanyakan tanaman secara vegetatif. PJ: H. Iwan Ruswandi, SP (penyuluh tingkat madya) dan Pengarah: Emi (Kasi Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian).

3. Lomba asah terampil & lomba inovasi teknologi pertanian. PJ: Hardinata, HB., SST (penyuluh tingkat madya) dan Pengarah: Santi (Kasi Metode Informasi Pertanian). (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook