Melalui Pembinaan, Guru Harus Hasilkan Pendidikan Berkualitas

BOGOR, INDONEWS,– Pembinaan peningkatan mutu guru dalam pengelolaan kelas di SDN Cisarua 04, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu 20 Juli 2019 diharapkan membuahkan hasil yang memuaskan.
Hal tersebut disampaikan Kepala SDN Cisarua 04 Jajang. Dia berharap, setelah menjalani pembinaan, para pendidik memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan ilmunya ke peserta didik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.
Menurut Jajang, guru berada pada bagian yang paling depan dalam mensukseskan tujuan pendidikan. Guru memiliki kompetensi yang dimilikinya untuk dikembangkan dalam mencapai tujuan tersebut.
“Jika melihat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, dijelaskan bahwa guru adalah pendidik yang professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing , mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah,” paparnya.

Selain itu, tambah Jajang, guru juga sebagai orang yang melaksanakan tugas mendidik atau orang yang memberikan pendidikan dan pengajaran baik secara formal maupun non formal.
“Selama ini, segala upaya dilakukan pemerintah untuk memperbaiki pendidikan termasuk melaksanakan pelatihan, workshop, seminar, bedah kurikulum untuk guru-guru. Maka kita sebagai guru harus mendukung segala upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas,”
Dikatakan, keberhasilan seorang guru dalam pendidikan menimbulkan rasa kepuasan tersendiri bagi guru, rasa percara diri, serta menimbulkan semangat mengajar yang tinggi.
“Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal masih banyak dihadapkan dengan berbagai masalah, baik menyangkut kinerja guru, pemerataan guru di daerah serta sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran, maka mari kita atasi persoalan tersebut dengan tekad kuat meningkatkan mutu pendidikan,” pungkasnya. (Ervin)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook