Ikuti Job Fair Secara Online, Ini yang Harus Dilakukan Pelamar Kerja

TANGERANG, INDONEWS,- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang kembali mengadakan Pameran Bursa Kerja atau Job Fair Online, tahun 2019 di Bale Kota Tangerang mulai 23 hingga 25 Juli 2019 mendatang.

Acara tersebut bertujuan untuk mempermudah proses mengikuti pelamaran kerja serta mengantisipasi tidak membludaknya calon peserta Job fair di lokasi, maka diperlakukan sistem Job fair online.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Mohamad Rakhmansyah menjelaskan, beberapa langkah serta mekanisme yang harus dilakukan oleh para calon pelamar di Job fair ini di antaranya para pelamar wajib mendaftar online melalui aplikasi Tangerang Live di smartphone masing masing.

“Setelah masuk di aplikasi Tangerang Live ini, langkah selanjutnya pilih menu layanan Ketenagakerjaan, dan klik fitur Job Fair. Selanjutnya, isi data lengkap calon pelamar kerja seperti alamat lengkap, tahun lulus pelamar, strata pendidikan, pengalaman dan keahlian kerja serta yang terpenting cantumkan nomor telp/HP pelamar kerja,” jelas Rakhmansya, di Tangerang, Selasa 23 Juli 2019.

Ditambahkan, data lengkap calon pelamar kerja tersebut diupload termasuk e-KTP, pas photo, ijazah terakhir, kartu kuning, SKCK dan surat keterangan sehat.

“Saat tiba di lokasi job fair, pelamar membuka barcode dari aplikasi Tangerang Live, arahkan barcode tersebut ke laptop panitia job fair. Setelah terverifikasi oleh panitia, pelamar diperbolehkan masuk ke area job fair,” ungkapnya.

Setelah mencetak barcode, imbuhnya, pelamar dapat langsung menuju stand perusahaan, untuk melakukan scan terhadap barcode.

“Barcode yang sudah terverifikasi, otomatis masuk ke database perusahaan. Selanjutnya calon pelamar kerja akan mengikuti proses interview oleh perusahaan tersebut. Terakhir, ada kabar gembira bagi para pelamar kerja, karena Job Fair online ini diikuti 50 perusahaan ternama. (Tomi Pahlevi/Ricky Munir)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook