Kecimpring, Cerdaskan IRT dan Turunkan Angka Stunting

CIANJUR, INDONEWS,– Kecimpring ternyata bisa menambah wawasan bagi ibu rumah tangga (IRT) serta menurunkan angka stunting, gizi buruk yang mengakibatkan tinggi badan tidak normal.

Tunggu dulu, kecimpring dimaksud bukanlah makanan khas sunda yang harus dikonsumsi sehingga bisa menjadi cerdas dan menurunkan angka stunting, melainkan Kegiatan Cerdaskan Ibu untuk Menurunkan Persentase Stunting atau disingkat Kecimpring.

Pj UKM Puskesmas Ciherang Nia Herniati AMK menerangkan, Puskesmas Ciherang menindaklanjuti hasil rembuk di Desa Ciherang. Kemudian Puskesmas Ciherang terinovasi untuk mencegah stunting di Desa Sukajadi.

“Maka di Kampung Cikangkung ini kami menggelar sosialisasi Kecimpring, karena di Kecamatan Karangtengah terdapat dua desa yang masih tinggi kasus stuntingnya, yaitu Desa Ciherang dan Desa Sukajadi,” jelas Nia, Rabu 24 Juli 2019.

Dikatakan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan atau mencerdaskan dan merubah perilaku ibu balita agar hidup lebih sehat.

“Jadi melalui sosialisasi kecimpring, ibu yang mempunyai anak berusia antara 0 sampai 23 bulan secara bersama berdiskusi , tukar pendapat pengalaman yang berhubungan dengan pemenuhan pelayanan kesehatan gizi, stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingg dari informasi itu kita bisa mencari cara untuk menurunkan stunting,” ucapnya.

Acara tersebut dibimbing fasilitator, dalam hal ini buku KIA . “Kami berharap kegiatan ini efektif dalam mencegah dan menurunkan stunting,” pungkasnya.

Acara sendiri diikuti Kasi Kesra Desa Sukajadi, Ketua RT, RW, kader posyandu, tokoh masyarakat dan tim Posyandu Kec. Karang Tengah. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook