Percepatan Pencetakan e-KTP Terkendala Blanko

BOGOR, INDONEWS,– Beberapa bulan belakangan, pasokan blanko E-KTP dari pemerintah pusat hanya 500 keping. Sementara kebutuhan blanko di Kabupaten Bogor mencapai 100 ribu keping.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Oetje Soebagdja mengungkapkan dengan hanya dipasok 500 keping, pihaknya tidak bisa melakukan percepatan pencetakan e-KTP untuk diberikan kepada masyarakat yang telah melakukan perekaman.
Padahal, jika memiliki stok blanko memadai dan pasokan bisa mencapai ribuan keping, Disdukcapil mampu melakukan pencetakan e-KTP hingga 10 ribu keping per hari dengan alat dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.
“Iya jadi sulit untuk percepatan. Di Kabupaten Bogor, yang sudah melakukan perekaman tapi belum punya fisik e-KTP sekitar 100 ribu orang. Tapi, setiap kita minta ke pusat paling cuma dikasih 500,” kata Oetje, Selasa (23/7/2019).
Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor mengatakan jika dalam tiga bulan, 200 ribu keping blanko e-KTP tersedia di Bumi Tegar Beriman.
“Makanya langsung kita cetak dan didistribusikan langsung ke desa-desa atau pada saat boling (rebo keliling),” kata Oetje, Sabtu (16/3/2019).
Menurutnya, pada awal tahun 2019 kemarin, Pemkab Bogor sempat dijatah hingga 30 ribu keping blanko e-KTP.
“Malah waktu itu sempat ada stok 200 ribu keping. Sekarang sudah habis,” katanya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook