Wagub Banten Pertanyakan Dasar Penurunan Kelas Rumah Sakit

BANTEN, INDONEWS,– Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mempertanyakan dasar penurunan kelas Rumah Sakit (RS) yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya Provinsi Banten sendiri.

Seperti RSUD Banten yang saat diisukan kelasnya untuk diturunkan dari sebelumnya kelas B menjadi C. Atas kondisi, lanjut Andika, pihaknya mengkhawatirkan akan berdampak langsung kepada masyarakat, sebagai akibat yang ditimbulkan dari penurunan kelas tersebut.

“Jika melihat segala kesiapan dan fasilitas di RSUD Banten saat ini, RSUD layak untuk menyandang kelasnya pada tipe B, tidak untuk diturunkan dikelas c seperti yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI,” katanya.

Sisi lain, tambah Andika, RSUD Banten selama ini sudah menjadi salah satu RS rujukan yang di ada Provinsi Banten, dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, karena sebelumnya belum berhasil diobati di RS tempat sebelumnya pernah dirawat.

Melihat segala fasilitas yang ada di RSUD Banten saat ini, lanjut Andika, tidak seharusnya RSUD Banten kemudian untuk diturunkan kelasnya dari sebelumnya tipe B ke C.

“Jika melihat segala fasilitas yang ada saat ini, seharusnya RSUD Banten tetap pada posisinya, tidak turun kelasnya, ” tegas Andika, kemarin.

Atas segala kondisi itu, lanjut Andikan, pihaknya mempertanyakan atas dasar apa surat rekomendasi mengenai penurunan kelas RSUD Banten dikeluarkan.

Diberitakan sebelumnya, dengan diturunkannya kelas RS yang ada di Provinsi Banten saat ini, dari sebelumnya kelas B ke C, dapat mengancam Provinsi Banten tidak memiliki RS dengan tipe B sendiri, baik swasta maupun negeri.**Baca juga: Bupati Zaki Lepas Jemaah Haji Kloter 41 Asal Kabupaten Tangerang.

Akibatnya masyarakat harus dirujuk ke luar daerah agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan di RS rujukan. (Maman Romansa)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook