Diperpanjang, Rute KA Siliwangi Jadi Sukabumi-Ciranjang

CIANJUR, INDONEWS,- Kabar gembira untuk masyarakat Sukabumi, Cianjur, dan Ciranjang. Rute Kereta Api (KA) Siliwangi akan diperpanjang, dari semula Sukabumi – Cianjur PP menjadi Sukabumi – Cianjur – Ciranjang PP.
Kepastian informasi ini dibenarkan oleh Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Noxy Citrea. Rencananya, KA Siliwangi mulai melayani penumpang sampai ke Stasiun Ciranjang pada akhir Juli 2019.
“Betul rencananya tanggal 30 (Juli, red) mulai melayani penumpang,” paparnya kepada Cianjur Today, saat dihubungi Jumat (26/7/2019).
Noxy menuturkan, rangkaian KA Siliwangi tetap membawa empat kereta kelas ekonomi dan satu kereta makan, ditarik lokomotif jenis CC 206. Tarifnya pun tidak berubah.
“PM 36 tahun 2019 yang mengatur tarif KA Siliwangi dari Sukabumi sampai dengan Cianjur – Ciranjang tarifnya 3000 rupiah (ka pso),” tambahnya.
Masyarakat pun antusias mendengar kabar tersebut. Sebab, sudah bertahun-tahun tidak ada kereta api yang melintasi jalur Cianjur – Ciranjang. Terakhir, kereta api melayani jalur ini kisaran tahun 2013.
Khoerunnisa, warga Desa Bojongpicung, Kecamatan Bojongpicung, menyambut baik pengoperasian kereta api Sukabumi – Cianjur – Ciranjang. Selain waktu tempuh yang cepat, moda kereta api pun nyaman dan murah.
“Senang sekali, apalagi saya sering ke Cibeber. Kalau naik angkot bisa berapa jam, gonta-ganti angkot,” tuturnya.
Ia berharap, ke depan kereta api bisa diperpanjang sampai Bandung. “Sampai Ciranjang aja udah senang. Ya mudah-mudahan ke depannya bisa sampai Bandung,” tandasnya. (Cianjur Today-Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook